Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Calon Mahasiswa, 3 Hal Ini Berpotensi Membuat Kamu Salah Pilih Jurusan

KOMPAS.com – Proses seleksi masuk Perguruan Tinggi kini sudah di depan mata. Beberapa waktu lalu, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah meluncurkan tiga jalur masuk PTN yakni Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) 2021.

Dalam pemilihan jurusan nanti, mahasiswa diperbolehkan memilih dua program studi (prodi). Namun, memilih prodi sejatinya tak sekadar mempertimbangkan jurusan yang paling populer saat ini. Apalagi sekadar ikut-ikutan teman.

Sejumlah survei menyebut, lebih dari 50 persen mahasiswa merasa salah pilih jurusan. Padahal, salah memilih jurusan berisiko membuat kamu kehilangan minatnya dalam belajar, berkeinginan pindah jurusan di tengah jalan, hingga bingung menentukan arah karier setelah kelulusan.

Merangkum Rencanamu.id, ada tiga penyebab utama yang membuat para calon mahasiswa sering salah pilih jurusan.

1. Berfokus pada gengsi

Tak sedikit calon mahasiswa yang memilih jurusan karena gengsi. Gengsi memilih jurusan X karena banyak peminat, gengsi ingin mendapatkan gelar dari jurusan Y, atau gengsi bila tak berprofesi seperti para lulusan dari jurusan Z.

Apapun jurusannya, kamu bisa menjadi lulusan yang gemilang bila semasa kuliah kamu senang belajar, memiliki banyak teman dan memiliki semangat untuk mengembangkan diri.

Sayangnya, salah pilih jurusan bisa membuat kamu kehilangan semangat untuk melakukan itu semua.

Jadi, pilihlah jurusan bukan karena gengsi semata. Namun, pilihlah jurusan yang juga sesuai dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

2. Tidak menggali minat dan bakat

Di era sekarang, mencari tahu minat dan bakat saat akan menentukan jurusan sudah menjadi salah satu kebutuhan.

Kamu bisa menggunakan aplikasi atau situs pencari minta bakat gratis, atau menggunakan lembaga profesional yang benar-benar dapat membantu kamu dalam memilih jurusan tepat sesuai minat bakat.

Meski dunia kuliah tak terlepas dari tentangan, namun bila jurusan yang dipilih sesuai dengan minat dan bakat, maka kamu akan lebih mudah untuk bangkit dan melanjutkan perjalanan.

Dengan begitu, kamu akan merasa lebih menikmati dunia perkuliahan.

3. Kurang riset

Semakin banyak dan semakin dalam eksplorasi yang kamu lakukan terhadap jurusan yang akan dipilih, maka akan semakin kecil kemungkinan untuk salah jurusan.

Kamu bisa melakukan riset dengan cara menanyakan pengalaman orang-orang yang lebih dulu telah kuliah atau bahkan bekerja.

Termasuk mengikuti beragam webinar yang diadakan oleh universitas atau jurusan yang dituju. Dengan begitu, kamu akan memiliki gambaran lebih jelas sehingga keputusan memilih jurusan menjadi lebih matang.

https://www.kompas.com/edu/read/2021/01/12/163058571/calon-mahasiswa-3-hal-ini-berpotensi-membuat-kamu-salah-pilih-jurusan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke