Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Animakini 2020, Dorong Animasi Indonesia Hidup dan Berkembang

KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun ke belakang, ada banyak catatan menggembirakan terhadap perkembangan dunia animasi Indonesia.

Contoh menggembirakan dalam dunia pendidikan animasi misalnya, sekelompok mahasiswa Indonesia dari Universitas Surya dan Unikom Bandung, berhasil menang di ajang kompetisi Asiagraph di Taiwan pada Agustus 2017. Berhasil mengalahkan 19 tim dari negara Asia seperti Jepang, Taiwan, Korea, Filipina, Malaysia, dan lainnya.

Secara individu pun, beberapa animator Indonesia seperti Fieranny Harlita juga tampil sebagai pemenang di ajang Digicon Asia 6 di Jepang pada November 2017.

Di sisi produk animasi layar lebar, tayangan “Si Juki the Movies” berhasil menggaet penonton sekitar 600 ribu orang, yang menjadi sejarah bagi tayangan animasi Indonesia. Karya yang membanggakan sekaligus "menantang" studio-studio animasi untuk berlomba menghasilkan karya-karya animasi lain yang lebih banyak dan semakin berkualitas.

Guna mendukung perkembangan dunia animasi Indonesia, dibutuhkan sinergi dari berbagai stakeholder serta pelaku dalam ekosistem animasi Indonesia secara keseluruhan.

Berdasarkan pertimbangan tersebut maka Animakini hadir sebagai forum untuk berbagi pengetahuan antara pelaku dalam ekosistem animasi agar dapat mendorong langkah-langkah yang dibutuhkan saat membuat program kolaborasi yang efektif antara pendidikan, industri, komunitas, pemerintah, dan media sehingga mencapai tujuan dalam meningkatkan pendapatan ekonomi kreatif dari sub sektor animasi.

Rektor IKJ Indah Tjahjawulan dalam pembukaan Animakini 2020 secara daring mengatakan, Animakini telah memberikan banyak catatan menggembirakan terhadap perkembangan animasi Indonesia, baik dari segi prestasi di pendidikan dan sumber daya manusia di bidang animasi secara personal maupun sebagai industri.

"Begitu juga banyaknya kolaborasi kerja antar kampus dan studio animasi. Dan pada tahun ini yang menjadi catatan yang membanggakan adalah Animakini tetap diselenggarakan oleh Fakultas Seni Rupa secara mandiri bahkan bisa bersinergi dengan Asosiasi Industri Animasi Indonesia dan juga 35 institusi pendidikan animasi lainnya," paparnya dalam konferensi video, Senin (26/10/2020).

Meski pandemi belum berakhir dan semua kegiatan publik harus dilaksanakan secara daring, kata dia, tidak menjadi halangan bagi Animakini untuk hadir sesuai motonya "Meski Berjarak Tetap Bergerak".

"Animakini melalui berbagai program seperti workshop, seminar, talkshow dan nonton bareng secara berjarak tetap bergerak mencari cara agar animasi Indonesia terus hidup dan berkembang," imbuhnya.

Ia pun mengucapkan penghargaan sebesar-besarnya kepada Fakultas Seni Rupa, Panitia dan mitra yang telah bekerja keras menyelenggarakan acara ini.

"Semoga Animakini terus berkelanjutan ke depannya dan menjadi forum penting yang selalu ditunggu-tunggu sebagai tempat bertemunya pelaku ekosistem animasi di Indonesia," harap Indah.

Rangkaian kegiatan seru Animakini 2020

Animakini 2020 disebut berbeda dengan Animakini sebelumnya. Di tahun ini, Animakini merencanakan beragam kegiatan acara secara daring. Di antaranya akan ada sharing animasi, workshop animasi dan Kolaborasi Nonton Animasi Indonesia secara daring selama sebulan.

Sebelumnya, Ketua Pelaksana Animakini2020 Ehwan Kurniawan mengatakan Animakini hadir sebagai program tahunan yang menjadi sarana berbagi pengetahuan tentang perkembangan animasi di Indonesia yang sudah memiliki branding yang baik.

Tak hanya itu, acara ini juga bisa menyosialisasikan ekosistem animasi di Indonesia saat ini, dari sekolah, kampus terkait kajian dan produksi.

Tanggal 8 dan 15 Oktober lalu, telah diadakan sharing terkait dunia animasi dan ilustrasi.

Sedangkan tanggal 24-28 Oktober 2020, akan diadakan workshop, sharing, talkshow, dan penayangan nonton barang animasi Indonesia bersama 35 institusi dari karya tugas akhir. Termasuk Seminar Penelitian Akademik (Animasi) yang telah terselenggara pada hari ini, Senin (26/10/2020).

https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/26/183129671/animakini-2020-dorong-animasi-indonesia-hidup-dan-berkembang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke