Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

UNY Kukuhkan Tiga Guru Besar Baru

KOMPAS.com - Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) resmi mengukuhkan tiga guru besar di Auditorium UNY, pada Sabtu (24/10/2020). Dengan dikukuhkannya ketiga guru besar ini, maka UNY memiliki 162 profesor.

Melansir laman UNY, ketiga guru besar yang dikukuhkan adalah Edi Supriyadi sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pendidikan Kejuruan, Putu Sudira sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Pembelajaran Vokasi, dan Endang Mulyatiningsih sebagai Guru Besar Bidang Ilmu Evaluasi Pembelajaran. Semua guru besar tersebut berasal dari Fakultas Teknik.

Edy Supriyadi merupakan dosen mata kuliah evaluasi pendidikan kejuruan di Fakultas Teknik. Edy Supriyadi menyelesaikan program sarjananya pada bidang ilmu Pendidikan Teknik Elektro IKIP Yogyakarta di tahun 1986.

Kemudian Edy mendapat gelar Magister pada bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan IKIP Jakarta di tahun 1995 dan mendapat gelar Doktor bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNJ di tahun 2005. Edy Supriyadi juga banyak menghasilkan karya ilmiah tingkat nasional maupun internasional.

Sosok keseharian Putu Sudira sebagai dosen bidang pembelajaran vokasional. Putu Sudira menyelesaikan program sarjananya pada Pendidikan Teknik Elektronika IKIP Yogyakarta di tahun 1986.

Sedangkan Endang Mulyatiningsih merupakan dosen bidang Evaluasi Pembelajaran Kejuruan Tata Boga. Endang menyelesaikan program sarjananya pada Pendidikan Kesejahteraan Keluarga IKIP Yogyakarta di tahun 1988.

Setelah itu Endang memperoleh gelar Magister di bidang Pendidikan Teknologi dan Kejuruan UNY di tahun 1999 serta memperoleh gelar Doktor bidang Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY tahun 2008. Sebagaimana kedua guru besar yang lain, Endang juga banyak menghasilkan beberapa karya ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.

Pada saat pengukuhan menjadi guru besar, ketiganya menyampaikan pidato ilmiah. Edy Supriadi menyampaikan pidato dengan judul "E-Monev untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dan Penilaian Hasil Belajar di SMK".

Sementara itu, Putu Sudira memaparkan pidato dengan judul "Pembelajaran Vokasional di Era Transformasi Digital: Tinjauan Filosofis-Teoretis untuk Hamemayu Hayuning Bawana". Dan Endang menguraikan pidato dengan judul "Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan Pada Masa Pandemi Virus Corona 2019".

 

https://www.kompas.com/edu/read/2020/10/24/230747071/uny-kukuhkan-tiga-guru-besar-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke