Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemendikbud dan Indosat Sediakan Kuota Internet Murah untuk Mahasiswa

KOMPAS.com - Untuk mendukung kegiatan pembelajaran daring mahasiswa pada masa pandemi Covid-19, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama PT. Indosat Tbk bekerja sama menyediakan paket internet dengan harga terjangkau.

Dirjen Pendidikan Tinggi Nizam mengatakan pentingnya penyediaan koneksi internet untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran daring.

“Urat nadi pembelajaran daring adalah konektivitas internet. Pembelajaran dalam jaringan tidak akan mungkin terselenggara tanpa adanya koneksi internet," jelas Nizam seperti dilansir dari laman Kemendikbud, Rabu (5/8/2020).

Kerja sama ini menjadi solusi atas hasil survei yang dilakukan oleh Ditjen Dikti pada semester lalu, yakni hambatan utama pelaksanaan pembelajaran daring adalah masalah koneksi internet.

Masalah koneksi internet ini, kata Nizam, antara lain disebabkan jangkauan layanan internet, stabilitas jaringan dan biaya yang masih belum ramah dengan kantong mahasiswa.

Pasalnya, penggunaan berbagai aplikasi pembelajaran daring membutuhkan kuota internet atau paket data yang cukup besar. Sehingga biaya untuk pembelian kuota/paket data menjadi cukup mahal dan membebani mahasiswa.

Nizam mengapresiasi langkah dan kepedulian Indosat menyediakan kuota internet/paket data murah untuk mahasiswa.

Langkah ini menurut Nizam dapat membantu mahasiswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada masa pandemi ini.

“Apresiasi tinggi untuk upaya dan kepedulian Indosat dalam membantu meringankan beban mahasiswa dengan menyediakan layanan paket data/kuota internet yang murah dan ramah di kantong mahasiswa," tuturNizam.

CBO PT. Indosat Tbk Bayu Hanantasena mengungkapkan tidak hanya terbatas pada penyediaan layanan internet dan paket data saja namun juga bagaimana membangun ekosistem pembelajaran daring yang efektif.

“Indosat mencoba menghadirkan solusi terbaik untuk mendukung terselenggaranya pembelajaran daring di perguruan tinggi," jelas Bayu.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/05/070104071/kemendikbud-dan-indosat-sediakan-kuota-internet-murah-untuk-mahasiswa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke