Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Lulus SNMPTN 2020, Masih Ada SBMPTN dengan Kesempatan Masuk Lebih Besar

KOMPAS.com - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020 pada Rabu (8/4/2020) mulai pukul 13.00 WIB.

Sebanyak 96.496 siswa dinyatakan lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) 2020.

"Kita melaksanakan SNMPTN berjalan lancar alhamdulillah walaupun di tengah Covid-19 hari ini dan kita bisa mengumumkan sesuai dengan jadwal. Kami ucapkan selamat atas kelulusan saudara di SNMPTN," kata Ketua LTMPT Mohammad Nasih dalam jumpa pers Pengumuman SNMPTN 2020 secara online.

Ia mengatakan, siswa yang belum diterima di perguruan tinggi negeri lewat jalur SNMPTN tak perlu berkecil hati. Nasih meminta untuk tetap bersemangat untuk mencoba masuk perguruan tinggi lewat jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

"Ada peluang selanjutnya. Insya Allah ada SBMPTN ada 40 persen. Siapkan diri dan berdoa," katanya.

SBMPTN adalah salah satu jalur masuk perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh setiap PTN yang berada dikoordinasikan oleh LTMPT. Daya tampung mahasiswa baru via jalur SBMPTN adalah minimum 40 persen dari kuota daya tampung setiap program studi (prodi) di setiap PTN.

SBMPTN mengujikan materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) atau tambahan kriteria lainnya. Biaya ujian ditanggung bersama oleh peserta dan disubsidi pemerintah.

Bila dibandingkan dengan SNMPTN, kesempatan untuk masuk ke prodi lewat jalur SBMPTN lebih besar. Kuota SNMPTN hanya 20 persen, sementara SBMPTN sebesar 40 persen dari total daya tampung setiap prodi.

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN 2020 akan dimulai pada 2 - 20 Juni. Sementara, pelaksanaan UTBK pada 5- 12 Juli 2020 dan diumumkan pada 25 Juli.

Pengumuman SNMPTN dilakukan mulai pukul 13.00 WIB lewat laman resmi LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id/.

Setelah menuju laman tersebut, kamu cukup memasukkan nomor pendaftaran LTMPT atau Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Setelah itu, cukup klik tombol hasil.

Pengumuman SNMPTN 2020 tersebut berdasarkan Surat Edaran Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Nomor: 08/SE.LTMPT/2020 Tentang Jadwal Pengumuman SNMPTN 2020.

Secara khusus, Kompas.com juga memberikan link hasil pengumuman resmi SNMPTN 2020 melalui tautan sbmptn.kompas.com/2020 serta akan diumumkan melalui harian Kompas pada tanggal 9 April 2020.

Kompas.com menghadirkan liputan khusus "SBMPTN 2020" dengan konten berbagai informasi dan tips terkait SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN, serta fitur Tes Minat Bakat dan Try Out gratis melalui tautan sbmptn.kompas.com/2020.

https://www.kompas.com/edu/read/2020/04/09/070000071/tak-lulus-snmptn-2020-masih-ada-sbmptn-dengan-kesempatan-masuk-lebih-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke