Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[HOAKS] Gerindra Resmi Berkoalisi dengan Nasdem Dukung Anies Baswedan

Kompas.com - 10/11/2022, 12:40 WIB
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta

KOMPAS.com - Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto telah menyatakan bahwa dirinya akan kembali menjadi calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Keputusan tersebut diumumkan oleh Prabowo di hadapan ribuan kader dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Gerindra 2022 pada 12 Agustus 2022.

Prabowo mengaku keputusan maju sebagai capres untuk kali ketiga setelah mendapat dorongan dan mendengar aspirasi dari para kader Partai Gerindra.

Namun, baru-baru ini di media sosial muncul sebuah narasi yang menyebut bahwa Partai Gerindra telah berkoalisi dengan Partai Nasdem untuk mendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres.

Setelah ditelusuri narasi tersebut tidak benar atau hoaks. Sampai saat ini belum ada kesepakatan antara Partai Gerindra dengan Partai Nasdem untuk berkoalisi.

Narasi yang beredar

Narasi yang menyebutkan bahwa Partai Gerindra resmi berkoalisi dengan Partai Nasdem untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres dibagikan oleh akun Facebook ini.

Akun tersebut membagikan video berdurasi 8 menit 13 detik dengan judul:

MENGEJUTKAN ~ GERINDRA RESMI GABUNG KOALISI NASDEM

Dalam video tersebut beberapa klip menampilkan Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh tengah melakukan pertemuan

Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut bahwa Partai Gerindra dan Nasdem resmi berkoalisi untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capresAkun Facebook Tangkapan layar Facebook narasi yang menyebut bahwa Partai Gerindra dan Nasdem resmi berkoalisi untuk mendukung Anies Baswedan sebagai capres

Penelusuran Kompas.com

Penelusuran di Google, sampai saat ini tidak ada informasi kredibel bahwa Partai Gerindra telah resmi berkoalisi dengan Partai Nasdem.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.