Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Acara Perpisahan Marcus/Kevin Batal Digelar di Indonesia Open 2024

Kompas.com - 30/05/2024, 12:42 WIB
Egi Dinda Janviera,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Acara perpisahan atau farewell event salah satu pasangan ganda putra terbaik Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, di Indonesia Open 2024 resmi dibatalkan.

Rencana yang sudah disusun Pengurus Besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) untuk menggelar acara perpisahan itu tidak terwujud.

Pada awalnya, acara perpisahan akan diselenggarakan pada laga final Indonesia Open 2024 yang berlangsung di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (9/6/2024).

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Ricky Soebagdja, mengatakan pembatalan acara itu disebabkan salah satu pasangan berjulukan Minions tersebut berhalangan hadir.

Baca juga: Marcus Gideon Pensiun: Dari Madesu ke No 1 hingga Reaksi PBSI

Marcus Fernaldi Gideon memiliki agenda yang tidak bisa ditinggalkan pada hari final turnamen tersebut.

"Kami merencanakan menggelar acara perpisahan bagi Minions pada hari final turnamen Indonesia Open. Sayangnya, pada hari itu, Marcus berhalangan karena dia memiliki agenda lain yang tidak bisa ditunda," tutur Ricky.

"Karena Marcus tidak bisa hadir di acara perpisahan yang telah direncanakan oleh PBSI tersebut, acara perpisahan bagi Minions pun batal digelar," kata Ricky.

Ricky mengatakan acara perpisahan ini sebagai bentuk apresiasi, penghormatan, dan ucapan terima kasih PBSI.

Ricky mengapresiasi duet Kevin/Marcus yang banjir prestasi selama delapan tahun berpasangan sejak 2015-2023.

Baca juga: Kevin Sanjaya Mundur dari Pelatnas, Perpisahan The Minions Digelar di Indonesia Open 2024

"Acara perpisahan ini sebenarnya sebagai bentuk apresiasi, penghormatan, dan ucapan terima kasih atas prestasi dan dedikasi yang telah ditorehkan Minions," ucap Ricky.

Menurut Ricky, induk organisasi bulu tangkis nasional ini ingin membuat semacam tradisi berupa acara ceremony spesial bagi pemain yang menyatakan gantung raket.

Sebelumnya, acara perpisahan serupa juga pernah diselenggarakan PBSI saat Greysia Polii, peraih emas Olimpiade Tokyo 2020, memutuskan pensiun.

Baca juga: Sang Ayah Sayangkan Marcus Gideon Pensiun, Sempat Usul Partner Baru ke PBSI

Acara perpisahan Greysia itu digelar di tengah penyelenggaraan turnamen Indonesia Open tahun 2022.

"Acara perpisahan ini sejatinya merupakan wujud apresiasi, penghormatan, dan ucapan terima kasih PBSI kepada Marcus/Kevin. Maklum, selama bermain, Minions itu telah mencatatkan prestasi dan dedikasi yang luar biasa bagi dunia bulu tangkis Indonesia," kata Ricky.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com