Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Singapore Open 2024: Ginting Percaya Diri Pertahankan Gelar, Jaga Mental

Kompas.com - 27/05/2024, 21:31 WIB
Aliyah Shifa Rifai,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting menyatakan antusiasmenya untuk kembali berlaga di ajang Singapore Open 2024.

Kompetisi dengan level BWF Super 750 itu dijadwalkan berlangsung di Singapore Indoor Stadium, Singapura, pada 28 Mei-2 Juni 2024.

Ginting dan beberapa wakil Indonesia untuk Singapore Open 2024 telah mencoba lapangan tempat mereka akan bertanding nanti, yaitu Singapore Indoor Stadium, pada Senin (27/5/2024). 

Sebagai juara bertahan di sektor tunggal putra, Ginting mengaku bersemangat untuk kembali bermain di turnamen BWF Super 750 itu.

Baca juga: Jadwal Singapore Open 2024: Indonesia Kirim 11 Wakil, Ginting Juara Bertahan

"Selalu merasakan excited ketika bermain di Singapore Open. Tapi ini pertandingan yang baru dengan tantangan yang baru juga,” kata Ginting.

Gelar sudah pasti akan coba Ginting pertahankan. Tetapi saat ini ia lebih menekankan pentingnya fokus pada strategi demi menampilkan permainan terbaiknya.

“Kepercayaan diri (untuk mempertahankan gelar) harus ada, tapi saya tidak berfokus dengan itu," ujar Ginting.

"Fokus saya adalah bagaimana caranya bisa menerapkan strategi dengan baik, jaga mental, dan jaga pikiran untuk menampilkan permainan yang terbaik," katanya menjelaskan.

Baca juga: Gregoria Mariska Siap Pertahankan Peringkat di Singapore Open 2024

Lebih lanjut, juara Badminton Asia Championships 2023 itu mengatakan bahwa Singapura merupakan salah satu negara favoritnya.

Hal tersebut diakui memberikan pengaruh positif bagi mental Ginting saat akan bertanding ataupun sesudah menyelesaikan pertandingan.

"Singapura menjadi salah satu negara yang saya suka. Ada beberapa hal di sini yang kondisi di luar turnamennya bisa membuat saya lebih rileks, lebih enjoy menjalani hari. Sebelum atau setelah pertandingan," ucap Ginting.

Setelah menjajal lapangan Singapore Indoor Stadium, Ginting menilai kondisi lapangan dan karakter kok tidak berbeda dari tahun sebelumnya.

"Kalau di tes lapangan tadi, saya rasa tidak ada perubahan dengan tahun lalu. Dari kondisi lapangan ataupun karakter shuttlecock-nya relatif sama," tutur Ginting menutup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com