Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengakuan Ginting di Malaysia Open 2024: Hal Non-Teknis Jadi PR

Kompas.com - 11/01/2024, 17:03 WIB
Farahdilla Puspa,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anthony Sinisuka Ginting mengaku banyak melakukan kesalahan saat melawan Lu Guang Zu pada babak 16 besar Malaysia Open 2024. 

Ginting tak berhasil lolos ke perempat final Malaysia Open 2024 setelah kalah 21-23, 23-25 dalam pertandingan di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (11/1/2024).

Hasil itu cukup mengejutkan sebab Ginting sempat unggul pada dua gim tersebut. Seusai pertandingan, Ginting mengaku banyak melakukan kesalahaan di poin krusial.

"Memang pertandingan hari ini cukup berat dari awal sampai selesai pada gim kedua. Kami kejar-kejaran poin dari angka pertama," tuturnya dalam keterangan PBSI. 

Baca juga: Hasil Malaysia Open 2024: Ginting Kalah, Tunggal Putra Indonesia Rontok

"Saya sudah mencoba sebaik mungkin tapi kendalanya banyak melakukan kesalahan sendiri. Apalagi, di poin-poin krusial," ucap Ginting melanjutkan. 

"Pada gim kedua ada beberapa kali lawan mendapatkan keberuntungan. Bola yang kelihatannya akan membentur net, bisa masuk atau di poin terakhir pukulan saya dari pengembalian tanggung masih bisa dikembalikan," ujar Ginting. 

"Menurut saya, hari ini memang harinya Lu Guang Zu," ungkap juara Asia 2023 tersebut. 

Ginting mengaku senang dengan penampilannya di Malaysia Open 2024 meski tersingkir pada babak 16 besar. 

Baca juga: Hasil Malaysia Open 2024, Gregoria Bekuk Sang Rival di Hadapan Pendukungnya Sendiri

Namun, ia juga menyadari masih banyak aspek yang perlu diperbaiki khususnya hal-hal non teknis yang bisa memengaruhi performanya di lapangan. 

"Sejauh ini cukup senang dengan performa di dua pertandingan pembuka, tapi memang ada yang harus dibenahi terutama dari sisi non-teknisnya," kata dia. 

Kekalahan Ginting membuat Indonesia tanpa wakil tunggal putra di Malaysia Open 2024. Sebelumnya, Jonatan Christie lebih dulu tersingkir pada babak pertama. 

Indonesia total memiliki 6 wakil di babak 16 besar dan baru satu yang melaju yaitu Gregoria Mariska Tunjung. Satu wakil lain belum bertanding, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Adapun selain Ginting, wakil Merah Putih lain yang gugur adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com