Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Undian Korea Open 2023: Jalan Terjal 2 Tunggal Putri Indonesia, Ditunggu Jagoan Tuan Rumah

Kompas.com - 02/07/2023, 10:00 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber BWF

KOMPAS.com - Indonesia menurunkan dua tunggal putri terbaik dalam turnamen Korea Open 2023. Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani jadi andalan dalam turnamen BWF World Tour Super 500 tersebut.

Berdasarkan jadwal yang dirilis BWF, Korea Open 2023 berlangsung di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan. Event ini mulai bergulir 18 Juli 2023 dan partai puncak akan berlangsung pada 23 Juli.

Indonesia menurunkan kekuatan terbaik dalam sektor tunggal putri dan ganda putra. Tiga sektor lainnya tanpa skuad terbaik, bahkan pasukan Merah-Putih tanpa wakil di sektor ganda putri.

Baca juga: Anthony Ginting Mundur dari Korea Open 2023, Berikut Daftar Wakil Indonesia

Namun jalan terjal bakal dilalui dua tunggal putri Indonesia. Gregoria yang merupakan unggulan keenam dan Putri sama-sama berada di paruh bawah bagan undian.

Artinya, mereka berada satu jalur dengan tunggal putri nomor satu Korea Selatan sekaligus unggulan kedua turnamen tersebut, An Se Young. 

Dalam catatan pertemuan, baik Gregoria maupun Putri inferior di hadapan pemain nomor dua dunia tersebut. Pasalnya, An Se Young selalu menang atas dua pemain andalan Indonesia tersebut.

Gregoria sudah lima kali bertemu An Se Young sedangkan PUtri empat kali. Jadi, Korea Open 2023 menjadi tantangan tersendiri bagi Gregoria maupun Putri dalam usaha naik podium juara.

Sesuai hasil undian, Putri akan lebih dulu bertemu An Se Young jika mereka sama-sama melewati rintangan babak pertama.

Putri menantang An Se Young pada babak kedua bila menang atas Goh Jin Wei (Malaysia) dan An Se Young menaklukkan Lianne Tan (Belgia).

Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani bereaksi usai gagal mengembalikan kok ke arah lawannya asal Amerika Serikat, Iris Wang dalam pertandingan babak pertama (32 besar) turnamen Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023). Putri KW menang dalam rubber gim (15-21, 22-20, dan 23-21) sehingga memastikan lolos ke babak kedua (16 besar).ANTARA /ADITYA PRADANA PUTRA Pebulu tangkis tunggal putri Indonesia Putri Kusuma Wardani bereaksi usai gagal mengembalikan kok ke arah lawannya asal Amerika Serikat, Iris Wang dalam pertandingan babak pertama (32 besar) turnamen Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Selasa (13/6/2023). Putri KW menang dalam rubber gim (15-21, 22-20, dan 23-21) sehingga memastikan lolos ke babak kedua (16 besar).

Sementara itu, Gregoria berpotensi melawan An Se Young pada babak perempat final.

Ini bisa terjadi bila Gregoria menang atas Clara Azurmendi (Spanyol) pada babak pertama lalu mengalahkan pemenang duel Sim Yu Jin (Korea Selatan) vs pemain yang lolos kualifikasi.

Dari sektor ganda putra, Indonsia menurunkan lima wakil yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan.

Baca juga: Alasan Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie Mundur dari Korea Open 2023

Sayang, satu wakil sudah pasti tersingkir pada babak pertama karena langsung terjadi duel Merah-Putih. Ahsan/Hendra akan bertarung melawan Fikri/Bagas untuk memperebutkan tiket babak kedua.

Kemudian, Fajar/Rian pun berpotensi melawan Leo/Daniel di babak kedua dengan catatan mereka memenangi laga babak pertama. 

Fajar/Rian selaku unggulan pertama akan melawan pasangan kualifikasi sedangkan Leo/Daniel bertemu Lu Chiang Yao/Yang Po Han (Taiwan), sebelum terjadi derbi Merah-Putih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com