Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semangat HUT Ke-72 PBSI, Bagas/Fikri dkk Siap Harumkan Indonesia di SEA Games

Kompas.com - 05/05/2023, 13:30 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tim bulu tangkis Indonesia sudah berangkat ke Kamboja pada Jumat (5/5/2023) pagi WIB menjelang dimulainya SEA Games 2023

Keberangkatan skuad bulu tangkis Indonesia yang diperkuat 13 wakil dari lima nomor bertepatan dengan hari ulang tahun (HUT) ke-72 PBSI

Manajer tim bulu tangkis Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja, Eddy Prayitno, mengatakan momen ini menjadi motivasi para pemainnya untuk mengharumkan Merah Putih. 

"Hari ini kami berangkat menuju Kamboja bertepatan dengan HUT PBSI ke-72. Ini menjadi motivasi anak-anak untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia," ucap Eddy.

Baca juga: SEA Games 2023: PBSI Buru Emas, Pemain Jangan Tertekan

Eddy Prayitno tak lupa meminta dukungan masyarakat Tanah Air agar tim bulu tangkis Indonesia tanpa kendala selama di SEA Games 2023. 

"Kami mohon doa dan dukungan masyarakat Indonesia agar tim ini diberikan kelancaran dan kesehatan dari awal sampai akhir serta mampu memberikan penampilan terbaik," ucap Eddy dalam keterangan PBSI yang diterima Kompas.com. 

Tim bulu tangkis Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja berkekuatan 13 wakil yang terdiri dari 3 tunggal putra,  4 tunggal putri, 2 ganda putra, 2 ganda putri, dan 2 ganda campuran. 

Baca juga: Klasemen SEA Games 2023 Jelang Upacara Pembukaan, Indonesia Ke-5

Indonesia semula mempersiapkan empat tunggal putra, yakni Chico Aura Dwi Wardoyo, Shesar Hiren Rhustavito, Christian Adinata, dan Alwi Farhan. 

Namun, Shesar Hiren Rhustavito batal berangkat sebab mengalami cedera betis kiri pada latihan terakhir kemarin. 

Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, mengakui absennya Shesar Hiren Rhustavito mengurangi kekuatan tim bulu tangkis Indonesia. 

Namun, Rionny tetap meyakini para pemain lainnya tetap mampu meraih hasil terbaik untuk Indonesia. 

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Opening Ceremony SEA Games 2023 Kamboja

"Walau Vito tidak jadi memperkuat tim, saya yakin tiga tunggal putra lain mampu berbicara banyak. Chico, Christian, dan Alwi sedang dalam performa yang baik. Di latihanpun ok," tukas Rionny.

Sementara itu, Chico Aura Dwi Wardoyo yang sudah pernah tampil di SEA Games 2021, bertekad tampil maksimal di setiap pertandingan. 

"Persiapan sudah saya jalankan jauh-jauh hari, memang sempat terpotong BAC (Badminton Asia Championships) kemarin tapi itu tidak masalah. Sekarang bagaimana menjaga kondisinya saja," ungkap Chico.

"Pengalaman tahun lalu bahwa untuk nomor beregu  yang paling penting adalah kekompakan dan keinginan semua dari kita untuk mengambil poin yang lebih ditingkatkan," tuturnya.

"Sementara saya sendiri, saya ingin lebih fight nanti di setiap pertandingan," ujar Chico. 

Pertandingan bulu tangkis di SEA Games 2023 akan berlangsung di Badminton Hall Morodok Techo National Stadium, 8-16 Mei 2023. 

Nomor beregu dijadwalkan digelar pada 8-11 Mei, kemudian dilanjutkan laga-laga nomor perorangan pada 12-16 Mei 2023. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com