Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Malaysia Open 2023: Diwarnai Reli 52 Pukulan, Fajar/Rian Tembus Semifinal

Kompas.com - 13/01/2023, 20:39 WIB
Farahdilla Puspa,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, melaju ke semifinal Malaysia Open 2023. 

Hasil itu didapat Fajar/Rian setelah mengalahkan wakil tuan rumah, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi, pada perempat final Malaysia Open 2023, Jumat (13/1/2023). 

Bertanding di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Fajar/Rian harus berjuang hingga tiga gim sebelum memastikan kemenangan 14-21, 21-16, 21-17. 

Dengan hasil ini, Indonesia meloloskan tiga wakil ke semifinal Malaysia Open 2023. Dua wakil lain ialah Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja. 

Baca juga: Ahsan/Hendra Buntu, Juara Malaysia Open 2023 Sulit Diprediksi

Gim Pertama 

Reli panjang sudah terjadi pada awal gim pertama saat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto tertinggal 2-4 dari Ong Yew Sin/Teo Ee Yi. 

Kedua pasangan saling lempar pukulan hingga 52 shots yang akhirnya dimenangi Fajar/Rian dan berhasil mendekat dalam posisi 3-4. 

Papan skor sempat menunjukkan angka sama dalam kedudukan 4-4 dan 5-5, sebelum Ong/Teo kembali menjaga jarak keunggulan menjadi 8-5. 

Baca juga: Malaysia Open 2023: Anthony Ginting Termakan Jebakan Lawan

Flick service Ong Yew Sin yang tak berhasil dikembalikan Fajar membuat pasangan Malaysia unggul 11-7 pada interval gim pertama. 

Fajar/Rian berupaya mendekati poin Ong/Teo seusai jeda. Namun, wakil tuan rumah mampu mempertahankan keunggulan menjadi 14-11. 

Ong/Teo mengunci gim pertama dengan kemenangan 21-14.

Gim Kedua

Fajar/Rian memimpin 4-2 pada awal gim kedua, sebelum Ong/Teo menyamakan skor 4-4. Setelah itu, kedua pasangan bergantian mendapatkan poin hingga 7-7. 

Baca juga: Malaysia Open 2023, Rahasia Comeback 10 Poin Apriyani/Fadia

Namun, Fajar/Rian tak memberikan kesempatan Ong/Teo untuk terus menempel. Mereka mampu menjaga jarak poin dan unggul 11-8 pada interval gim kedua. 

Fajar/Rian yang dalam posisi memimpin 15-11 mengalami situasi genting ketika Ong/Teo mendekat dan memperkecil ketertinggalan menjadi 13-15. 

Akan tetapi, Fajar/Rian berhasil menanganinya dan terus melaju hingga memenangi gim kedua dengan skor 21-16. 

Gim Ketiga 

Seperti dua gim sebelumnya, awal gim ketiga juga berjalan dengan tempo tinggi. Fajar/Rian memimpin lebih dulu dengan skor 7-3. 

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com