Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, The Daddies dan Fajar/Rian Mundur dari Australia Open 2022

Kompas.com - 11/11/2022, 23:04 WIB
Ahmad Zilky,
Firzie A. Idris

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, dipastikan batal mentas di Australia Open 2022.

Kepastian itu disampaikan asisten pelatih ganda putra Indonesia, Aryono Miranat, dalam sesi konferensi pers seusai perhelatan BrightUp Cup 2022.

Aryono Miranat menuturkan bahwa mundurnya Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra membuat ganda putra pelatnas Indonesia tidak mempunyai wakil di Australia Open 2022.

Indonesia sejatinya masih memiliki satu utusan (non-pelatnas) di sektor ganda putra pada Australia Open 2022.

Pasangan itu adalah Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani.

Baca juga: Rekap Hasil BrightUp Cup 2022: Wakil Malaysia Juara, Fajar/Pramudya Menangi Duel Merah Putih

“Untuk Australia Open yang ganda itu, karena Rian sakit, jadi kami batalkan keberangkatannya, untuk Fajar/Rian dan Ahsan/Hendra,” ucap Aryono Miranat dalam sesi konferensi pers yang dihadiri Kompas.com pada Jumat (11/11/2022).

“Mereka tidak jadi berangkat. Jadi ganda putra (pelatnas) Indonesia tidak ada wakil,” tambah dia menjelaskan.

Aryono Miranat menjelaskan bakal menunggu Rian pulih sepenuhnya sebelum mengikuti BWF World Tour Finals 2022 pada 14-18 Desember mendatang.

“Untuk persiapan ke depan buat World Tour Finals, kami masih mempunyai waktu sekitar satu bulan lebih,” ucap dia.

Baca juga: Kata Wakil Taiwan Usai Singkirkan Ahsan/Hendra di French Open 2022: Prestasi Luar Biasa...

“Masih ada cukup waktu untuk memperbaiki kekurang-kurangnya dan juga mengembalikan kondisi Rian yang sembuh,” tambahnya.

Sementara itu, Fajar Alfian menjelaskan bahwa keikutsertaan di Australia Open 2022 untuk menjaga kebugaran sebelum mentas di World Tour Finals.

“Saya sendiri tadinya mengikuti Australia Open 2022 bukan hanya untuk kejar poin WTF karena di Denmark Open saja sudah aman,” kata peraih medali perak Asian Games 2018.

“Namun, tadinya ikut Australia saya ingin menjaga jarak antara pertandingan sebelum ke World Tour Finals agar tidak terlalu jauh karena saya tidak ikut Hylo Open kemarin. Jadi, mau main di Australia untuk feeling,” ucapnya.

Baca juga: Hasil French Open 2022: Bagas/Fikri Menang, Susul Fajar/Rian dan Leo/Daniel ke 16 Besar

Kendati demikian, Fajar Alfian harus menguburkan niatnya berangkat ke Australia Open 2022. Sebab, Rian tidak dalam kondisi fit.

“Namun, karena Rian belum siap, bahkan belum latihan sampai sekarang, tetapi dia sudah sembuh Allhamdulilah,” kata dia.

“Hanya, persiapannya tidak ada, jadi tak bisa berangkat. Tidak ada persiapan, jadi buat apa,” turut peraih medali emas Piala Thomas 2020 bersama Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com