Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Liliyana Natsir Masuk Hall of Fame, Magi Butet Bikin Presiden BWF Kagum

Kompas.com - 16/06/2022, 13:20 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Sem Bagaskara

Tim Redaksi

Sumber BWF

KOMPAS.com - Mantan pebulu tangkis ganda campuran yang pada masanya kerap mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia, Liliyana Natsir, akan masuk dalam daftar kehormatan BWF Hall of Fame.

Dalam pengumuman yang diunggah di laman resmi BWF pada Kamis (16/6/2022), Liliyana Natsir disebut akan dinobatkan sebagai anggota terkini BWF Hall of Fame melalui sebuah seremoni.

Adapun seremoni penobatan Liliyana Natsir sebagai anggota terkini BWF Hall of Fame rencananya akan digelar di tengah perhelatan Indonesia Open 2022 pada Sabtu (18/6/2022).

"Legenda ganda campuran Indonesia, Liliyana Natsir, adalah anggota terbaru yang dilantik ke BWF Hall of Fame," tulis BWF.

"Juara Olimpiade itu akan secara resmi dinobatkan pada upacara selama Indonesia Open 2022 pada Sabtu, 18 Juni," demikian pernyataan resmi organisasi induk bulu tangkis dunia tersebut.

Baca juga: Liliyana Natsir Bakal Masuk Hall of Fame BWF

Dalam pengumuman yang diunggah di laman resmi BWF juga termuat pernyataan dari mantan pebulu tangkis asal Denmark, Poul-Erik Hoyer Larsen.

Poul-Erik Hoyer Larsen kini menjabat sebagai Presiden BWF. Dia turut memberikan pernyataan terkait terpilihnya Liliyana Natsir ke dalam daftar BWF Hall of Fame.

Menurut Poul-Erik Hoyer Larsen, Liliyana Natsir yang telah mengukir pretasi hingga ke pentas Olimpiade layak menerima kehormatan tersebut. 

"Merupakan kehormatan yang langka bagi seorang atlet untuk dinobatkan sebagai BWF Hall of Fame, dan Liliyana Natsir sangat layak menerima penghargaan ini," kata Poul-Erik, dikutip dari laman resmi BWF.

Baca juga: Liliyana Natsir Masuk BWF Hall of Fame, Seremoni di Indonesia Open 2022 Akhir Pekan Ini

"Dia adalah salah satu pemain ganda campuran terbaik sepanjang kariernya. Bermodalkan medali emas dan perak Olimpiade serta empat medali emas Kejuaraan Dunia, Liliyana membangun rekor bintang," ujar Poul-Erik.

Selain itu, Poul-Erik mengutarakan kekagumannya terhadap magi yang dimiliki Butet, sapaan akrab Liliyana Natsir.

Di mata Poul-Erik, Liliyana Natsir bisa membuat seni bermain bulu tangkis yang rumit menjadi terlihat lebih mudah.

"Dia menyenangkan untuk ditonton, karena dia entah bagaimana membuat seni yang sulit terlihat mudah," ucap Poul-Erik.

"Saya mengucapkan selamat kepadanya karena bisa meraih Hall of Fame, dan saya yakin dia akan terus menginspirasi lebih banyak generasi," tutur mantan tunggal putra penguasa Eropa pada era 1990-an tersebut.

Baca juga: Kalahkan Carolina Marin, Liliyana Natsir Jadi Pebulu Tangkis Putri Terbaik dalam 1 Dekade

Liliyana Natsir akan menjadi orang Indonesia ke-10 yang masuk dalam daftar elite BWF Hall of Fame.

Adapun sembilan pebulu tangkis legendaris Indonesia yang sudah masuk BWF Hall of Fame adalah Rudy Hartono, Dick Sudirman, Christian Hadinata, Liem Swie King, Susi Susanti, Tjun Tjun, Johan Wahjudi, Rexy Mainaky, dan Ricky Subagja.

Selain itu, Liliyana Natsir menjadi orang pertama yang akan masuk dalam daftar BWF Hall of Fame tahun ini. 

Pada tahun lalu, ada tiga legenda bulu tangkis China yang masuk daftar tersebut yaitu Cai Yun, Fu Haifeng, dan Zhang Ning.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BWF
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com