Kompas.com - 12/06/2022, 21:24 WIB

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis Indonesia Greysia Polii secara resmi mengumumkan gantung raket atau pensiun pada Minggu (12/6/2022). 

Pengumuman itu disampaikan Greysia Polii dalam acara bertajuk Testimonial Day yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, beberapa jam sebelum final Indonesia Masters 2022. 

Dalam acara tersebut, turut hadir Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia Zainudin Amali. 

Menpora Zainudin Amali mengapresiasi perjuangan Greysia Polii yang telah memberikan segudang prestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. 

Baca juga: Greysia Polii Pensiun, Menpora Sampaikan Pesan Presiden Jokowi dan Beri Kenang-kenangan

“Hari ini kita akan melepas Greysia dari dunia keprofesionalannya. Atas nama pemerintah, saya menyampaikan terima kasih kepada Greysia yang telah mengharumkan Indonesia di ajang olahraga internasional,” kata Zainudin Amali, dilansir dari situs resmi Kemenpora. 

Selain itu, Zainudin juga mengungkapkan bahwa masa purnaprestasi Greysia dan para atlet akan terjamin. Salah satunya dengan menjadi ASN (Aparatur Sipil Negara). 

"Karena perintah dari Bapak Presiden Joko Widodo, atlet berprestasi ditawarkan, kalau mau silakan jadi ASN, demikian pula sekolahnya," ucap Zainudin Amali. 

Greysia Polii pun mengucapkan rasa terima kasih atas perhatian pemerintah Indonesia terhadap para atlet. 

Baca juga: Greysia Polii Akan Rindukan Rasa Sakit akibat Perjuangan di Pelatnas

Peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 itu berharap tak hanya atlet-atlet satu generasinya, tetapi para seniornya juga bisa mendapatkan hak yang sama. 

"Terima kasih sekali soal itu. Pemerintah kali ini betul-betul sangat support para atlet dan mantan atlet," kata Greysia Polii. 

"Saya tahu masih diproses karena sedang mengusahakan bukan hanya generasi kami yang mendapatkannya. Semua yang mendapatkan ASN kan generasi kami, tapi bagaimana caranya senior-senior saya yang terlebih dahulu yang sebenarnya mereka adalah orang-orang yang menciptakan sejarah, sehingga olahraga Indonesia saat ini menjadi bagus," ucapnya. 

"Jadi, saya juga ingin berbicara tentang hal ini, semoga mantan atlet yang lebih senior dari saya itu lebih diperhatikan, bisa juga jadi ASN bagi mantan atlet yang sudah berprestasi lebih dulu," tutur Greysia Polii. 

"Jadi, saya berpesan kepada pemerintah dan saya terima kasih kami sudah ditampung. Bersyukur juga," kata Greysia Polii menambahkan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.