Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bulu Tangkis SEA Games 2021: Sektor Ganda Bakal Jadi Kunci Srikandi Merah Putih Libas Thailand

Kompas.com - 17/05/2022, 20:20 WIB
Ahmad Zilky,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky, menuturkan strategi Srikandi Merah Putih menjelang laga melawan Thailand di final bulu tangkis SEA Games 2021.

Tim putri bulu tangkis Indonesia sukses melangkah ke final SEA Games 2021 seusai membekuk tuan rumah Vietnam dengan skor 3-1.

Pertandingan Indonesia vs Vietnam di semifinal bulu tangkis beregu putri SEA Games 2021 dihelat di Bac Giang Gymnasium, Selasa (17/5/2022) pagi WIB.

Srikandi Merah Putih sejatinya tertinggal lebih dahulu dari Vietnam (0-1) seusai Gregoria Mariska Tunjung ditumbangkan Nguyen Thuy Linh.

Baca juga: Bulu Tangkis SEA Games 2021: Kalah di Partai Pembuka, Chico Minta Maaf

Gregoria Mariska Tanjung dipaksa bertekuk lutut oleh Nguyen Thuy Linh melalui permainan tiga gim via skor 21-14, 17-21, dan 16-21.

Akan tetapi, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti menjadi awal kebangkitan tim Merah Putih seusai mereka menekuk Pham Thi Khanh/Than Van Anh.

Kemenangan tersebut membuat skor pertandingan antara Indonesia dan Vietnam menjadi imbang 1-1.

Kemudian, Putri Kusuma Wardani dan Febbby Valencia Dwijayanti Gani/Ribka Sugiarto menjadi wakil yang membuat Indonesia menyegel satu tiket final SEA Games 2021.

Baca juga: Jadwal Siaran Langsung Semifinal SEA Games Indonesia Vs Thailand

Putri KW menang melawan Vu Thi Trang, sedangkan Febby Ribka mengalahkan Thi Hoai/Pham Nhu Thao.

Dengan hasil itu, Indonesia menang 3-1 atas Vietnam dan berhak melaju ke final beregu SEA Games 2021 untuk menantang perlawanan Thailand.

Adapun laga perebutan medali emas antara Indonesia dan Thailand bakal berlangsung pada Rabu (18/5/2022) siang WIB.

Menjelang pertandingan melawan Thailand, Rionny Mainaky mengatakan bahwa Indonesia bakal mengandalkan sektor ganda untuk meraih poin.

Baca juga: Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2021: Christian Adinata Tumbang, Indonesia Vs Thailand 1-2

“Kalau secara umum, kami akan (mengandalkan poin) di ganda putri. Kalau tunggal putri harus berjuang habis-habisan,” ungkap Rionny dilansir dari Antara.

Pertandingan melawan Thailand bakal menjadi sulit buat Indonesia. Sebab, Negeri Gajah Putih itu mempunyai sejumlah pemain berpengalaman.

Kendati demikian, Rionny menilai bahwa kekuatan tim putri Indonesia masih lebih baik ketimbang Thailand.

Baca juga: Rekap Hasil Bulu Tangkis SEA Games 2021: Kalahkan Vietnam, Tim Putri Indonesia Lawan Thailand di Final

“Mereka (Thailand) memang lebih berpengalaman, tapi performa tim putri Indonesia masih lebih (bagus),” kata dia.

“Tadi lawan Vietnam ada beban sedikit, tetapi nanti lawan Thailand mungkin akan lebih lepas, saya mengharapkan itu,” ucapnya.

“Yang saya mau itu anak-anak bisa memiliki daya juang yang tinggi karena lawannya berat dalam hal pengalaman, tapi kalau secara latihan, kami tidak meragukan,” tutur Rionny menambahkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com