Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carolina Marin Kembali dan Cetak Sejarah Kejuaraan Eropa, Axelsen Terbaik Sektor Tunggal Putra

Kompas.com - 02/05/2022, 11:55 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Carolina Marin menjadi ratu bulu tangkis Eropa. Status itu dia peroleh setelah meraih gelar juara European Championships alias Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa.

Dalam laga final turnamen tersebut di Madrid, Spanyol, Sabtu (30/5/2022) waktu setempat, tunggal putri andalan Spanyol ini mengalahkan Kirsty Gilmour.

Marin, yang ditempatkan sebagai unggulan utama, membutuhkan waktu 42 menit untuk menang 21-10, 21-12 atas unggulan ketiga dari Skotlandia tersebut.

Baca juga: Carolina Marin Kembali setelah Absen 10 Bulan, Kejuaraan Eropa Jadi Momen Perdana

Gelar ini menjadi bukti Marin sudah kompetitif lagi. Sebab, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut baru pulih dari cedera, yang membuatnya tak bisa mempertahankan gelar dalam Olimpiade Tokyo 2020.

Ya, si kidal ini harus absen dari ajang bulu tangkis dunia selama 11 bulan. Dia mengalami cedera ACL dan meniskus.

Gelar Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa 2022 ini pun membuat Marin mencetak sejarah. Dia menjadi tunggal putri pertama dalam sejarah yang merengkuh gelar tersebut enam kali berturut-turut.

"Luar biasa bisa berkompetisi lagi. Saya kembali dan berusaha melupakan cederaku," ujar Marin dikutip dari Badminton Planet.

Baca juga: Perancis Rekrut Pelatih Carolina Marin untuk Olimpiade 2024

"Saya sangat bergairah sekarang, tidak hanya untuk kemenangan ini tetapi bagaimana saya mengatasi cedera. Saya ingin mulai berpikir tentang pertandingan di Paris (Olimpiade 2024) dan ingin naik podium di Paris."

Dari sektor tunggal putra, Viktor Axelsen yang merupakan unggulan pertama, menjadi yang terbaik dalam Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa 2022. 

Pemain Denmark peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ini menang 21-17, 21-15 atas kompatriotnya, Anders Antonsen, yang ditempatkan sebagai unggulan ketiga.

Ini merupakan gelar ketiga Axelsen di pentas European Championships.

"Juara Eropa. Setelah itu Piala Thomas. Menantikan hal tersebut!" demikian ungguhan Axelse lewat media sosial miliknya, usai menyabet gelar juara.

Artinya, Axelsen ingin Denmark kembali menjadi juara Piala Thomas 2022, yang bergulir bulan Mei ini di Thailand.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Viktor Axelsen ??? (@viktoraxelsen)

Hasil lengkap Kejuaraan Bulu Tangkis Eropa 2022, pasangan Jerman Mark Lamsfuss/Isabel Lohau meraih gelar juara ganda campuran.

Unggulan keempat ini menang 16-21, 22-20, 21-16 atas unggulan kedua dari Perancis, Thom Gicquel/Delphire Delrue.

Di sektor ganda putri, unggulan utama dari Bulgaria Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva menang 21-14, 21-10 atas unggulan keempat dari Jerman, Linda Efler/Isabel Lohau.

Dari sektor ganda putra, Mark Lamsfuss/Marvin Seidel, jadi juara. Unggulan kedua dari Jerman ini menang 21-17, 21-16 atas unggulan keenam dari Skotlandia, Alexander Dunn/Adam Hall.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com