Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Badminton Asia Championship 2022: Ginting Tambah Daftar Wakil Indonesia di Perempat Final

Kompas.com - 28/04/2022, 19:16 WIB
Farahdilla Puspa,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting menjadi wakil Indonesia terakhir yang memastikan tiket perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2022. 

Kepastian itu didapat Anthony Sinisuka Ginting setelah mengalahkan wakil Jepang Kenta Nishimoto pada babak 16 besar Kejuaraan Bulu Tangkis Asia, Kamis (28/4/2022). 

Bertanding di Muntinlupa Sports Complex, Manila, Filipina, Ginting menang dengan skor 21-14, 12-21, dan 21-13 dalam tempo permainan satu jam. 

Berdasarkan drawing atau undian, Ginting akan melawan Weng Hong Yang (China) yang sebelumnya menyingkirkan unggulan ketujuh asal India Srikanth Kidambi. 

Baca juga: Hasil Badminton Asia Championship: Fajar/Rian ke Perempat Final, Kans Duel Merah Putih Terbuka

Dengan demikian, Indonesia dipastikan memiliki delapan wakil di partai perempat final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia yang akan berlangsung pada Jumat (29/4/2022). 

Enam wakil lainnya yang lebih dulu lolos ke perempat final adalah Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Pramudya Kusumawardan/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Rangkuman pertandingan 

Anthony Sinisuka Ginting langsung tancap gas sejak awal gim pertama. Peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020 itu memimpin 6-1 atas Kenta Nishimoto. 

Ginting, sapaan akrab Anthony, memperlebar keunggulan menjadi enam angka dalam kedudukan 9-3.

Di sisi lain, Kenta perlahan memangkas jarak ketertinggalan. Namun, Ginting mampu mempertahankan keunggulan dan unggul 11-7 pada interval gim pertama. 

Kenta Nishimoto mendekati perolehan angka Ginting dalam kedudukan 10-13 setelah jeda. Namun, Ginting menekan laju sang lawan dan terus mendulang poin hingga unggul 16-10.

Serangan yang dilancarkan Kenta berhasil berbuah poin. Salah satunya adalah smes ke arah badan Ginting yang mengubah papan skor menjadi 14-16.

Akan tetapi, pengembalian bola yang gagal diantisipasi Kenta membuat poin Ginting kembali menjauh dengan skor 17-14.

Itu menjadi momen penentu di mana Ginting berhasil mengunci angka Kenta dan pada akhirnya mengamankan gim pertama dengan kemenangan 21-14.

Baca juga: Hasil Badminton Asia Championship: Perjuangan Vito Terhenti Usai Takluk dari Lee Zii Jia

Ginting sudah tertinggal 0-4 dari Kenta pada awal gim kedua. Perolehan angka Ginting baru dimulai setelah shuttlecock dari Kenta gagal melewati net.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com