Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kejuaraan Beregu Asia: Rexy Mainaky Ingatkan Tim Putra Malaysia 

Kompas.com - 18/02/2022, 12:40 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Direktur olahraga Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia (BAM), Rexy Mainaky, memperingatkan skuadnya menjelang pertandingan lawan Jepang. Mantan ganda putra terbaik Indonesia tersebut ingin Lee Zii Jia dkk tak meremehkan lawan.

Malaysia akan bertemu Jepang pada laga terakhir penyisihan Grup B Badminton Asia Team Championships (BATC) 2022 alias Kejuaraan Beregu Asia 2022 di Selangor, Malaysia. Laga akan berlangsung Jumat (18/2/2022) pukul 16.00 waktu setempat atau 15.00 WIB.

Di atas kertas, Malaysia bakal meraih kemenangan karena mereka tampil dengan kekuatan terbaik. Sementara itu, Jepang menurunkan pemain-pemain level kedua karena tim utamanya tidak disertakan.

Baca juga: Kejuaraan Beregu Asia: Indonesia Juara Grup, Stephanie Widjaja Ungkap Kunci Kemenangan

Tak heran jika posisi Jepang di ujung tanduk. Setelah menang 5-0 atas Kazakhstan, Jepang menyerah 2-3 dari Singapura sehingga mereka harus menang atas Malaysia untuk menguak asa lolos ke semifinal.

Sementara itu, Malaysia dipastikan lolos ke babak empat besar. Dalam dua laga perdana, negara tetangga Indonesia tersebut menang telak 5-0 atas Singapura dan Kazakhstan.

Hal ini yang membuat Rexy memperingatkan para pemain Malaysia. Direktur pelatih spesialis ganda di BAM ini ingin mereka merebut kemenangan.

"Para pemain kami lebih berpengalaman dan kami harus mengambil keuntungan tersebut untuk meraih kemenangan," ujar Rexy dikutip dari Badminton Planet.

"Akan tetapi, pemain kami harus fokus di sektor tunggal dan ganda. Jika kami bisa melakukannya, saya pikir kami akan baik-baik saja melawan Jepang."

Baca juga: Rekap Kejuaraan Beregu Asia: Indonesia Berjaya, Tim Putra-Putri Kompak Menang 3-2 atas Korsel

Terlepas dari laga nanti, kehadiran peraih medali emas sektor ganda putra Olimpiade Athena 1996 ini sudah memperlihatkan pengaruh positif untuk sektor ganda Malaysia.

Pasangan putri nomor 92 dunia, Anna Cheong Ching Yik/Teoh Mei Xing, termasuk yang mendapatkan keuntungan dari arahah Rexy Mainaky.

"Pelatih Rexy sangat membantu dalam hal meningkatkan kekuatan fisik kami," ujar Teoh.

"Sebenarnya, saya pikir setiap pemain ganda sudah memperlihatkan perbaikan setelah metode latihan keras yang diberikannya. Kondisi fisik kami kian bagus," tambah Teoh.

"Kami bahagia karena sekarang kami memiliki seorang pelatih yang terus mendorong kami mencapai potensi maksimal kami dalam latihan."

Baca juga: Jadwal Kejuaraan Beregu Asia, Tim Putra Indonesia Lawan India Hari Ini

Anna Cheong menambahkan, Rexy menambah panjang sesi latihan pagi mereka dari 6.30 hingga 11.30. Mantan pasangan Ricky Subagja tersebut tetap fokus dalam latihan.

"Kami secara perlahan menyesuasikan dengan sesi latihannya. Saya yakin, dengan latihan keras yang rutin, kami bisa menjadi lebih baik," ungkapnya.

"Kami yakin, hal tersebut akan membantu kami meningkatkan performa." 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com