Arti Penting Kehadiran Ahsan/Hendra di Pelatnas PBSI: Menerjang Degradasi, Sukseskan Regenerasi

Kompas.com - 29/01/2022, 04:30 WIB

KOMPAS.com - Kehadiran Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan di pelatnas PBSI memiliki arti penting, baik dalam hal prestasi maupun proses regenerasi atlet bulu tangkis Tanah Air.

Pentingnya kehadiran Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan dibuktikan dengan keberhasilan mereka dalam menerjang badai degradasi di pelatnas PBSI.

Pada Jumat (28/1/2022), PBSI selaku induk bulu tangkis tanah air secara resmi merilis pengumuman terkait promosi dan degradasi di pelatnas.

Melalui pengumuman tersebut diketahui bahwa Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan yang berpasangan di sektor ganda putra masih menjadi bagian dari pelatnas PBSI 2022, tepatnya sebagai pemain latih tanding untuk ganda putra.

Baca juga: PBSI Panggil 88 Atlet ke Pelatnas

The Daddies, julukan Ahsan/Hendra, bertahan di pelatnas saat sejumlah atlet kenamaan lain seperti pasangan Praveen Jordan dan Melati Daeva Oktavianti harus tersingkir akibat degradasi.

Pelatih ganda campuran PBSI, Nova Widianto, menjelaskan adanya empat parameter utama yang menjadi pertimbangan dalam proses degradasi di pelatnas.

Salah satu parameter yang menjadi pertimbangan adalah penurunan prestasi dalam satu atau dua tahun terakhir.

"Ada beberapa parameter salah satunya prestasi satu dua tahun terakhir ini. Kedua usia, ketiga berapa tahun sudah di pelatnas, dan keempat ada karakter juga," kata Nova dalam konferensi pers yang turut dihadiri Kompas.com secara virtual pada Jumat (28/1/2022). 

Baca juga: Alasan Praveen/Melati dan Hafiz/Gloria Dicoret dari Pelatnas PBSI

Ahsan/Hendra yang terbilang sangat senior di pelatnas PBSI berhasil melalui keempat parameter tersebut. Mereka bertahan meski dalam daftar atlet pelatnas 2022 tertulis dengan keterangan "sparring".

Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky, telah memberi penjelasan tentang keputusan mempertahankan Ahsan/Hendra di pelatnas meski menyertakan keterangan "sparring" di samping nama The Daddies.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.