Misbuk Sidek Bicara soal Keputusan Lee Zii Jia dan Kenang Hukuman Masa Lalu

Kompas.com - 24/01/2022, 16:53 WIB
Pebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei mendengarkan pelatihnya ketika itu, Misbun Sidek. APPebulu tangkis Malaysia Lee Chong Wei mendengarkan pelatihnya ketika itu, Misbun Sidek.

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis Malaysia yang juga mantan pelatih Lee Chong Wei, Datuk Misbun Sidek, berbicara soal keputusan Lee Zii Jia keluar dari Asosiasi Bulu tangkis Malaysia (BAM).

Misbun Sidek mengaku sulit menilai keputusan pebulu tangkis tunggal putra nomor satu Malaysia tersebut.

Lee Zii Jia sudah mengambil keputusan keluar dari BAM. Pemain berusia 23 tahun tersebut, yang kini menempati ranking tujuh dunia, mengambil jalur independen sebagai pemain profesional.

Baca juga: Lee Zii Jia Mundur dari Pelatnas, BAM Siapkan Ng Tze Tong Jadi Penerus

Keputusan Lee Zii Jia memberikan dampak yang sangat besar terhadap kariernya. Peraih gelar All England 2021 tersebut dihukum tak boleh bertanding selama dua tahun.

Misbun Sidek, yang pernah melatih Lee Zii Jia, mengaku tak tahu kenapa mantan anak didiknya itu pergi.

Pria yang kini bertanggung jawab atas para junior di Akademi Bulu Tangkis Malaysia ini hanya mengetahui bahwa Lee Zii Jia menunjukkan kemajuan yang signifikan di bawah bimbingannya.

"Saya tak lagi berada di tim nasional dan sulit mengetahui kenapa Zii Jia pergi," ujar Misbun dikutip dari The Star.

"Saya bertemu dengannya pada hari dia mengajukan surat pengunduran diri. Saya terkejut dengan keputusannya tetapi saya hanya bisa mendoakan yang terbaik pada tahap berikutnya dalam hidup dia."

"Sebagai orang yang bekerja di bawah badan nasional, saya hanya akan mendorong para pemain untuk tetap berada di bawah payung badan ini karena mereka memiliki fasilitas terbaik, pelatihan dan kesempatan terbaik untuk kompetisi."

Pebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, beraksi pada laga kontra Kento Momota di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, pada 23 Agustus 2019.AFP/FABRICE COFFRINI Pebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, beraksi pada laga kontra Kento Momota di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, pada 23 Agustus 2019.

Misbun pun mengenang saat Roslin Hashim dan Ismail Saman meninggalkan BAM untuk bergabung dengan klub profesional Nusa Mahsuri. Kala itu, BAM dipimpin Abdullah Fadzil Che Wan.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber The Star
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.