Kompas.com - 02/12/2021, 11:21 WIB
Ribka Sugiarto (kiri) dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) saat bertanding di Indonesai Masters 2021 di Bali International Convention Centre, Rabu (17/11/2021). Humas PP PBSI-Indonesia Ribka Sugiarto (kiri) dan Siti Fadia Silva Ramadhanti (kanan) saat bertanding di Indonesai Masters 2021 di Bali International Convention Centre, Rabu (17/11/2021).

KOMPAS.com - Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Ribka Sugiarto, disebut mengalami cedera ACL atau Anterior Cruciate Ligament. Hal itu disampaikan langsung oleh sang pelatih, Eng Hian, saat ditemui Kompas.com di Bali International Convention Centre, Rabu (1/12/2021). 

Eng Hian menjelaskan bahwa cedera itu ada sejak Ribka Sugiarto terjatuh saat bertanding di Piala Uber yang berlangsung di Denmark pada Oktober lalu.

Namun, Ribka Sugiarto yang berpasangan dengan Siti Fadia Silva Ramadhanti bersikeras tetap mengikuti turnamen selanjutnya mulai dari Denmark Open (19-24 Oktober), French Open (26-31 Oktober), Hylo Open (2-7 November), dan Indonesia Masters (16-21 November). 

Akan tetapi, rasa sakit tak lagi bisa ditahan oleh Ribka Sugiarto saat bertanding melawan Puttita Supajirakul/Sapsiree Taerattanachai (Thailand) pada babak pertama Indonesia Masters 2021.

Baca juga: Cedera Lutut, Siti/Ribka Mundur dari Indonesia Open 2021

Siti/Ribka berjuang hingga tiga gim bahkan nyari meraih kemenangan karena sempat unggul jauh 12-7 dalam pertandingan di Bali International Convention Centre itu. 

Namun, pasangan Thailand mampu memberikan tekanan hingga kedudukan imbang 16-16 sebelum akhirnya meraih kemenangan 21-16 dan mengalahkan Siti/Ribka.

Usai pertandingan tersebut, Siti Fadia Silva Ramadhanti mengungkapkan Ribka Sugiarto mulai merasakan sakit pada kakinya saat interval gim ketiga.

Kondisi itu diakuinya membuat ia dan Ribka hilang fokus.  

"Saat gim pertama kami masih kurang siap. Gim ketiga, saat unggul 11-8, Ribka ada gerakan yang salah ketika mengambil bola depan," ujar Fadia kepada Kompas.com dan beberapa media lainnya.  

"Kakinya sudah sakit sejak di Eropa. Mulai terasa saat interval gim ketiga. Jadi, fokusnya hilang," tutur Fadia yang baru saja berulang tahun pada Selasa (16/11/2021). 

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.