Kompas.com - 02/10/2021, 14:20 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat berlaga pada ajang Piala Sudirman 2021 di Finlandia. Indonesia akan menghadapi Malaysia pada perempat final Piala Sudirman 2021. Dok. Badminton Photo/Jnanesh SalianPasangan ganda campuran Indonesia Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat berlaga pada ajang Piala Sudirman 2021 di Finlandia. Indonesia akan menghadapi Malaysia pada perempat final Piala Sudirman 2021.

KOMPAS.com - Cita-cita Indonesia untuk membawa pulang trofi Piala Sudirman belum bisa terwujud pada penyelenggaraan turnamen beregu yang sudah mencapai edisi ke-17 di tahun ini.

Sejarah Piala Sudirman tidak mencatatkan rapor manis bagi Indonesia, negara yang menjadi cikal bakal penyelenggaraan turnamen bulu tangkis nomor beregu nan bergengsi di dunia ini.

Piala Sudirman atau Sudirman Cup kali pertama digelar di Indonesia pada 1989.

Adapun nama turnamen ini diambil dari salah satu pendiri PBSI yang juga dikenal sebagai bapak bulu tangkis Indonesia, Dick Sudirman.

Baca juga: Piala Sudirman 2021: Ketika Rangking Tinggi Masih Belum Cukup

Meskipun Indonesia adalah negara pencetus Piala Sudirman, tetapi kiprah tim Merah Putih di turnamen ini belum gemilang.

Selama 32 tahun penyelenggaraan Piala Sudirman, Indonesia baru satu kali merengkuh trofi juara, yakni pada edisi pertama yang digelar Jakarta, 1989 silam.

Indonesia merebut trofi juara Piala Sudirman setelah mengalahkan Korea Selatan 3-2 pada partai final.

Namun, sejak saat itu, trofi Piala Sudirman selalu melanglang buana, sedangkan Indonesia belum berhasil membawanya pulang ke Tanah Air hingga kini.

Seusai meraih gelar pertama, pencapaian terbaik Indonesia di Piala Sudirman adalah menjadi runner-up, yakni sebanyak enam kali (1991, 1993, 1995, 2001, 2005, dan 2007).

Pada final Piala Sudirman 2007, Indonesia yang saat itu diperkuat Candra Wijaya/Markis Kido hingga Greysia Polii/Vita Marissa, kalah dari China dengan skor telak 0-3.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.