Raih Emas Olimpiade Tokyo, Chen Yufei Bukti Kebangkitan Tunggal Putri China

Kompas.com - 01/08/2021, 23:40 WIB
Tunggal Putri China, Chen Yu Fei, saat melawan Tai Tzu Ying (Taiwan) pada final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Minggu (1/8/2021). AFP/PEDRO PARDOTunggal Putri China, Chen Yu Fei, saat melawan Tai Tzu Ying (Taiwan) pada final Olimpiade Tokyo 2020 di Musashino Forest Sport Plaza, Minggu (1/8/2021).

KOMPAS.comChen Yufei meraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 usai mengalahkan Tai Tzu Ying (Taiwan) di Musashino Forest Sport Plaza, Minggu (1/8/2021) malam WIB.

Chen Yufei harus melalui pertarungan tiga gim melawan Tai Tzu Ying sebelum akhirnya memastikan kemenangan 21-18, 19-21, dan 21-18.

Seusai pertandingan, Chen Yufei mengaku sangat senang karena dia sudah mendambakan medali emas Olimpiade sejak lama.

Kebahagiaan Chen Yufei semakin terasa, sebab keberhasilan ini diraih dalam partisipasi perdananya di ajang multievent empat tahunan tersebut.

Baca juga: Satu Rekor yang Bisa Dicetak Chen Long jika Raih Emas Olimpiade Tokyo

"Saya sangat senang, ini sangat luar biasa. Saya sudah memikirkan ini, memimpikan ini, tetapi saya tahu untuk mencapainya tidak mudah," kata Chen Yufei dilansir dari situs BWF.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Medali emas Olimpiade Tokyo 2020 ini sekaligus mengembalikan dominasi China di tunggal putri. 

Tunggal putri China tercatat meraih emas dalam empat edisi Olimpiade beruntun di Sydney 2000, Athena 2004, Beijing 2008, dan London 2012.

Pada periode tersebut, para pemain tunggal putri China yang berhasil merebut emas adalah Gong Zhichao (2000), Zhang Ning (2004, 2008), dan Li Xuerui (2012).

Namun, dominasi itu terputus di Olimpiade 2016 yang berlangsung di Rio de Janeiro, Brasil.

China saat itu mengirimkan dua tunggal putri terbaiknya, yakni Li Xuerui dan Wang Yihan. Namun, Wang Yihan terhenti di perempat final, sedangkan Li Xuerui kalah di babak 4 besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber BWF
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.