Eksklusif Emas Olimpiade Tontowi Ahmad - Gagal Total, Damai tapi Gersang dengan Butet, lalu Bangkit...

Kompas.com - 21/07/2021, 06:07 WIB
Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir melakukan penghormatan kepada Sang Merah Putih saat Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade Rio 2016, Rabu (17/8/2016). GOH CHAI HIN/AFPTontowi Ahmad dan Liliyana Natsir melakukan penghormatan kepada Sang Merah Putih saat Indonesia Raya berkumandang di Olimpiade Rio 2016, Rabu (17/8/2016).

Bulu Tangkis dan Tradisi Emas Olimpiade, Lanjutkan Indonesia Bisa!

Wawancara Eksklusif Jurnalis Kompas.com M Hafidz Imaduddin bersama Legenda Bulu Tangkis Indonesia Tontowi Ahmad (Bagian 1)

KOMPAS.com - Tontowi Ahmad adalah salah satu mantan atlet bulu tangkis Indonesia yang pernah meraih medali emas Olimpiade.

Bersama Liliyana Natsir, Tontowi Ahmad meraih medali emas Olimpiade ganda campuran di Rio de Janeiro, Brasil, pada 2016.

Perjuangan Owi/Butet untuk bisa meraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tidaklah mudah.

Sebelum ke Brasil, Tontowi/Liliyana sudah pernah tampil bersama di Olimpiade saat London menjadi tuan rumah edisi 2012.

Hasilnya, pasangan yang akrab disapa Owi/Butet itu gagal total meski sudah melaju hingga ke semifinal. Tradisi emas bulu tangkis Indonesia yang sudah terjaga sejak 1992 pada akhirnya harus terhenti pada 2012 di London, Inggris.

Setelah gagal total di Olimpiade London 2012, Owi/Butet berhasil bangkit dengan mempertahankan All England, menjadi juara dunia, dan meraih sejumlah gelar superseries pada 2013.

Menjelang Olimpiade Rio 2016, Owi/Butet sempat diterpa isu keretakan hubungan. Rumor itu muncul setelah Owi/Butet gagal meraih satu pun gelar superseries sepanjang 2015.

Pada tahun tersebut, Owi/Butet tercatat kalah enam kali dari rival terberat mereka asal China, Zhang Nan/Zhao Yun Lei.

Baca juga: Dari Susy untuk Gregoria: Di Olimpiade, Segala Sesuatu Bisa Terjadi...

Halaman:
Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.