Tan Joe Hok dan Polemik Masa Lalu di Era Kejayaan Bulu Tangkis Indonesia

Kompas.com - 01/12/2020, 12:50 WIB
Tim Indonesia saat berhasil meraih Piala Thomas 1984. Mereka merebut trofi dari genggaman RRT (Republik Rakyat Tiongkok). Tangkapan layar YouTube/Zoom Roemah Bhinneka SurabayaTim Indonesia saat berhasil meraih Piala Thomas 1984. Mereka merebut trofi dari genggaman RRT (Republik Rakyat Tiongkok).

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis Indonesia, Tan Joe Hok, mengungkapkan polemik yang pernah terjadi dalam perbulutangkisan nasional.

Tan Joe Hok merupakan satu dari sederet sosok berjasa dalam perkembangan olahraga tepuk bulu nasional. Dia dikenal sebagai pionir prestasi bulu tangkis Indonesia.

Selama berkarier, Tan Joe Hok pernah menjadi bagian dari "The Magnificient Seven" yang memenangkan Piala Thomas pertama untuk Indonesia pada 1958.

Tan juga menjadi orang Indonesia pertama yang meraih medali emas Asian Games pada edisi 1962.

Tak berhenti di situ, Tan Joe Hok pun tercatat sebagai pebulu tangkis Indonesia pertama yang mampu membawa gelar All England ke Tanah Air.

Baca juga: Ranking Dunia Badminton Usai All England 2020 Kini Jadi Acuan

Legenda bulu tangkis Indonesia, Tan Joe Hok. Legenda bulu tangkis Indonesia, Tan Joe Hok.
Lewat prestasinya tersebut, dia membawa bulu tangkis Indonesia menuju era kejayaan pada medio 1950-1960an.

Tan Joe Hok dkk membuat Indonesia dikenal sebagai negeri bulu tangkis hingga saat ini.

Dia kemudian berbagi cerita perjuangannya dalam acara webinar bertajuk "Tionghoa dalam Dunia Olahraga" yang juga dihadiri KOMPAS.com, Senin (30/11/2020) malam WIB.

Tan Joe Hok berbicara soal polemik yang pernah melanda perbulu tangkisan Indonesia.

Berdasarkan cerita Tan Joe Hok, polemik yang terjadi berkaitan dengan isu diskriminasi dan kesejahteraan pemain.

Baca juga: Pembinaan Atlet Bulu Tangkis PB Djarum Bisa Jadi Teladan bagi Olahraga Nasional

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X