Djoko Santoso dalam Kenangan Liliyana Natsir dan Hendra Setiawan

Kompas.com - 10/05/2020, 17:50 WIB
Panglim TNI DJoko Santoso KOMPAS/TOTOK WIJAYANTOPanglim TNI DJoko Santoso

KOMPAS.com - Keluarga besar Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia ( PBSI) diselimuti duka mendalam atas meninggalnya Jenderal Purn Djoko Santoso.

Djoko Santoso merupakan mantan Ketua Umum PP PBSI masa bakti 2008 hingga 2012 menggantikan Sutiyoso.

Mantan Panglima TNI ini diketahui meninggal dunia pada Minggu (10/5/2020) pukul 06.30 WIB di RSPAD Gatot Subroto karena mengalami pendarahan otak. 

Djoko Santoso merupakan salah satu sosok berjasa dalam perjalanan bulu tangkis Indonesia.

Di bawah kepemimpinannya, PBSI berhasil mempersembahkan medali emas Asian Games 2010 lewat ganda putra Markis Kido/ Hendra Setiawan, serta gelar All England 2012 dari ganda campuran Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir.

Baca juga: Dukungan Eks Ketum PBSI untuk Marcus/Kevin dkk di Tengah Pandemi Virus Corona

Masa bakti Djoko di PBSI berakhir pada tahun 2012 dan digantikan oleh Gita Wirjawan. Meskipun sudah tak menjadi ketua umum, Djoko Santoso tetap memperhatikan olahraga kebanggaan Indonesia ini.

Ia merupakan anggota Dewan Kehormatan PP PBSI masa bakti 2016-2020 bersama Try Sutrisno, Soerjadi, Subagyo Hadisiswoyo, Chairul Tanjung dan Sutiyoso.

Liliyana Natsir dan Hendra Setiawan pun turut mengenang Djoko Santoso sebagai sosok rendah hati dan senang memberika motivasi kepada para pebulu tangkis.

"Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas meninggalnya Pak Djoko Santoso, beliau adalah sosok yang rendah hati, bertanggung jawab, dan orang tua yang mengayomi anak-anaknya," ujar Liliyana Natsir dikutip dari Badminton Indonesia.

"Masih segar dalam ingatan saya saat beliau masih menjabat Ketum PBSI, setiap atlet mengalami kekalahan, Pak Djoko selalu mengatakan bahwa beliau yang bertanggung jawab," sambung peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X