Kritik Wacana Perubahan Poin, Lee Chong Wei Sebut BWF Hanya Ingin Cari Untung

Kompas.com - 29/04/2020, 20:00 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose dengan medali emas yang dia raih dari kategori perorangan Commonwealth Games 2018 seusai mengalahkan Kidambi Srikanth, 19-21, 21-14, 21-14, pada laga final di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018). SAEED KHAN/AFP PHOTOPebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose dengan medali emas yang dia raih dari kategori perorangan Commonwealth Games 2018 seusai mengalahkan Kidambi Srikanth, 19-21, 21-14, 21-14, pada laga final di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018).
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Pemain bulu tangkis legendaris Malaysia, Lee Chong Wei, mengkritik wacana perubahan poin yang diusulkan Federasi Bulu Tangkis Dunia ( BWF).

Diberitakan BolaSport.com sebelumnya, BWF mengumumkan wacana mengganti sistem poin 21 menjadi 11.

Selain itu, BWF juga berwacana menggunakan shuttlecock sintetis untuk turnamen-turnamen elite.

Lee Chong Wei termasuk yang tak setuju dengan rencana-rencana tersebut.

Peraih tiga medali perak Olimpiade asal Malaysia itu mengatakan bahwa BWF mengusulkan ide perubahan sistem poin demi keuntungan komersial.

"Menurut saya alasan BWF ingin menerapkan sistem 11 poin adalah untuk mengakomodasi stasiun televisi dan mendapatkan lebih banyak keuntungan komersial," kata Lee, dikutip BolaSport.com dari Firstpost.

Lee secara terbuka mengatakan ia lebih menyukai sistem poin 15.

"Saya masih menganggap sistem poin hingga 15 adalah terbaik untuk bulu tangkis. Sistem tersebut menguji kemampuan, temperamen, dan ketahanan pemain," tuturnya melanjutkan.

Baca juga: Lee Chong Wei Sebut 2011 sebagai Tahun Terbaiknya

Lee bukan satu-satunya mantan pemain yang menentang ide BWF.

Pelatih tim nasional India, Pullela Gopichand, juga tidak setuju.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X