Kala Kesuksesan Susy dan Alan di Olimpiade 1992 Diusulkan Jadi Libur Nasional

Kompas.com - 17/04/2020, 08:36 WIB
Kolase pebulu tangkis tunggal putra Alan Budikusuma (kiri) dan pemain tunggal putri Susy Susanti saat meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992. Dok. TribunnewsKolase pebulu tangkis tunggal putra Alan Budikusuma (kiri) dan pemain tunggal putri Susy Susanti saat meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

KOMPAS.com - Keberhasilan pebulu tangkis Susy Susanti dan Alan Budikusuma meraih medali emas Olimpiade Barcelona 1992 menjadi menjadi kebahagiaan yang luar biasa bagi Indonesia.

Bagaimana tidak, pada Olimpiade edisi itulah, untuk kali pertama Indonesia meraih medali emas dalam ajang multi-cabang bergengsi tersebut.

Momen bersejarah itu ditanggapi dengan berbagai macam reaksi. Ada rasa haru, sedih, serta gembira yang begitu membuncah dari masyarakat Indonesia.

Baca juga: Emas Olimpiade Susy Susanti dan Alan Buat Indonesia Lebih Dikenal

Salah satu sosok yang sangat mengapresiasi keberhasilan Susy Susanti dan Alan Budikusuma pada Olimpiade Barcelona 1992 adalah penyanyi Tuty Ahem.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan catatan Harian Kompas pada edisi 5 Agustus 1992, Tuty Ahem mengusulkan pemerintah untuk memberlakukan libur nasional.

Usul itu dimunculkan Tuty untuk menghormati kesuksesan tim bulu tangkis Indonesia yang mempersembahkan dua medali emas olimpiade kepada negara.

"Saya kira bukan sesuatu yang berlebihan apabila kita memberlakukan libur nasional ketika kontingen olimpiade kembali kelak," ujar Tuty yang dikutip dari Harian Kompas.

"Dengan libur itu maka masyarakat bisa menyambut pahlawan-pahlawan olahraga yang berarti penghormatan kepada mereka," tutur dia.

Penyanyi seangkatan Henny Purwonegoro dan Neneng Salmiah itu lebih lanjut mengatakan, ia sebenarnya mengharapkan pemerintah bisa lebih dini mengantisipasi perolehan medali emas oleh atlet Indonesia.

Minimal, katanya, Bang Wi (maksudnya Gubernur DKI Jakarta Wiyogo Atmodarminto) tampil dalam acara stop press di televisi dan memberi izin kepada warganya untuk turun ke jalan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X