Penundaan Olimpiade Tokyo Dianggap Untungkan Pebulu Tangkis Nomor Satu Malaysia

Kompas.com - 28/03/2020, 12:40 WIB
Pebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, beraksi pada laga kontra Kento Momota di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, pada 23 Agustus 2019. AFP/FABRICE COFFRINIPebulu tangkis Malaysia, Lee Zii Jia, beraksi pada laga kontra Kento Momota di Kejuaraan Dunia BWF 2019 di Basel, Swiss, pada 23 Agustus 2019.
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Penundaan Olimpiade Tokyo dianggap bisa berdampak positif untuk pebulu tangkis tunggal putra nomor satu Malaysia, Lee Zii Jia.

Pendapat itu dilontarkan Direktur Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia, Wong Choong Hann.

Dikutip Bolasport.com dari New Straits Times, Wong Choong Hann mengatakan bahwa penundaan Olimpiade punya signifikansi berbeda untuk setiap pemain.

"Sulit menentukan pemain mana yang merasakan dampak penundaan. Untuk mayoritas pemain seharusnya tak masalah, karena mereka bisa fokus ke persiapan sendiri dan berlatih untuk kompetisi," kata Wong.

"Mungkin untuk pemain senior dampaknya akan terasa. Walau Olimpiade ditunda setahun, banyak hal yang dipertaruhkan," tutur dia melanjutkan.

Di sisi lain, Wong menilai penundaan pesta olahraga sejagat tersebut bisa menguntungkan pemain muda Malaysia.

"Pemain muda seperti Lee Zii Jia atau pasangan ganda putra Aaron Chia/Soh Wooi Yik punya waktu lebih banyak untuk menajamkan permainan mereka," ucap Wong.

Baca juga: Olimpiade Tokyo 2020 Ditunda, Perbakin Akan Ubah Peruntukan Anggaran

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan Pemerintah Jepang akhirnya sepakat menunda Olimpiade Tokyo akibat pandemi virus Corona alias Covid-19.

Penundaan Olimpiade Tokyo diumumkan oleh IOC melalui laman resmi Olympic.org pada Selasa (24/3/2020).

Dalam pernyataannya, IOC mengonfirmasi bahwa Olimpiade musim panas tahun ini akan ditunda dari jadwal semula, 24 Juli-9 Agustus, ke tahun 2021.

Sementara itu, pemerintah Malaysia saat ini memperpanjang masa karantina sosial hingga 14 April mendatang.

Artinya, para pemain Malaysia kini harus berlatih sendiri di rumah masing-masing, bukan di pusat latihan tim nasional. (Lariza Oky Adisty)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X