Pandemi Virus Corona Jadi Halangan Lin Dan Tampil pada Olimpiade Kelimanya

Kompas.com - 25/03/2020, 22:00 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan. BWF BADMINTONPebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan.

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra asal China, Lin Dan, terancam tidak bisa menjadi pebulu tangkis China pertama yang tampil pada lima Olimpiade.

Lin Dan mungkin tidak bisa tampil pada Olimpiade kelimanya setelah pandemi virus corona membuat Olimpiade Tokyo 2020 ditunda hingga setahun.

Lin Dan sebelumnya telah tampil pada empat edisi Olimpiade yakni Olimpiade Athena 2004, Olimpiade Beijing 2008, Olimpiade London 2012, dan Olimpiade Rio 2016.

Dari empat Olimpiade yang diikutinya, Lin Dan meraih medali emas pada Olimpiade Beijing 2008 dan Olimpiade London 2012.

Baca juga: Demi Olimpiade, Lin Dan Akan Tiru Sikap Pantang Menyerah Lee Chong Wei

Dengan Olimpiade Tokyo 2020 ditunda akibat pandemi virus corona, peluang Lin Da menuju Olimpiade kelimnya tampaknya telah tertutup.

Sebab, pebulu tangkis 36 tahun itu tidak masuk dalam daftar dua teratas tunggal putra China.

Per Selasa (25/3/2020), Lin Dan  berada di peringkat ke-19 di belakang Chen Long (peringkat 5), Shi Yuqi (peringkat 19), dan di atas Huang Yuxiang (peringkat 22) serta Lu Guangzu (peringkat 23).

Syarat satu negara yakni hanya bisa mengirimkan maksimal dua wakil tunggal putra yang berada di peringkat 16 besar dunia untuk berlaga di Olimpiade.

Melihat peringkat lima tunggal putra China, dua slot pada Olimpiade Tokyo 2020 itu kemungkinan diisi oleh Chen Long dan Shi Yuqi.

Peluang Lin Dan tampaknya tertutup menyusul beberapa turnamen kualifikasi yang tersisa ditunda dan dibatalkan oleh BWF karena virus corona.

Meski demikian, mantan pebulu tangkis nomor satu dunia asal Malaysia, Lee Chong Wei, menganggap Lin Dan tak perlu merasa menyesal karena gagal mengamankan tempat pada Olimpiade kelimanya.

Baca juga: Daftar Turnamen Bulu Tangkis yang Resmi Ditangguhkan BWF

"Dia telah melakukan semua yang dia bisa," kata Lee Chong Wei dilansir BolaSport dari The Star.

"Sejujurnya, benar-benar tidak mudah (menjadi dua teratas) di China. Saya tahu dia sangat ingin tampil pada Olimpiade kelimanya. Dia berharap untuk memecahkan rekor sebagai pebulu tangkis China pertama yang tampil dalam lima Olimpiade."

"Ini bukan prestasi yang mudah. Olimpiade hanya datang empat tahun sekali. Lima penampilan, lebih dari 16 tahun berada di puncak bulu tangkis dunia," kata Lee Chong Wei mengakhiri. (Delia Mustikasari)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X