Manila Gantikan Wuhan sebagai Tuan Rumah Kejuaraan Badminton Asia 2020

Kompas.com - 05/03/2020, 06:45 WIB
Tim putra Indonesia meraih juara Beregu Asia 2020 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1 pada final Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020). Dok. Badminton Indonesia Tim putra Indonesia meraih juara Beregu Asia 2020 setelah mengalahkan Malaysia dengan skor 3-1 pada final Kejuaraan Beregu Asia 2020 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Minggu (16/2/2020).
|

KOMPAS.com - Manila, Filipina, resmi menjadi tuan rumah Kejuaraan Badminton Asia 2020 untuk menggantikan Wuhan, China, pada tanggal 21-26 April mendatang.

Penunjukan Manila sebagai tuan rumah Kejuaraan Badminton Asia 2020 diputuskan Konfederasi Bulu Tangkis Asia (BAC) menyusul wabah virus corona di Wuhan.

Keputusan tersebut juga disampaikan langsung BAC melalui laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF), Rabu (4/3/2020).

Presiden Badminton Asia Confederation (BAC/Konfederasi Bulu Tangkis Asia) Anton Subowo kepada BolaSport sebelumnya menyatakan bahwa Kejuaraan Badminton Asia tidak mungkin dibatalkan karena menjadi event penutup dalam kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020.

Baca juga: Termasuk All England, Ini Jadwal Turnamen Bulu Tangkis Maret 2020

Manila juga merupakan tuan rumah Kejuaraan Beregu Asia pada 11-16 Februari lalu, saay China dan Hong Kong dilarang menjadi peserta.

Keputusan itu dibuat karena Pemerintah Filipina memberlakukan masa karantina selama 14 hari untuk atlet dari China, Hong Kong, dan Makau yang mencoba memasuki Filipina sebagai akibat Covid-19.

Soal Kejuaraan Badminton Asia 2020, BAC mengungkapkan pihaknya telah bekerja sama dengan Asosiasi Badminton Filipina (PBA) untuk mengamankan visa bagi semua atlet untuk kejuaraan individu tersebut.

"Kami telah berusaha untuk mendapatkan persetujuan visa bagi semua pemain dan ofisial sehingga mereka dapat diberikan izin masuk ke Manila untuk turnamen penting dan bergengsi ini," tulis BAC.

Baca juga: Kento Momota Cocok dengan Gaya Badminton Ala Indonesia

"Kami ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengucapkan terima kasih kepada Presiden PBA dan staf terkait bersama Pemerintah Filipina untuk membantu dalam masalah ini," ucap pernyataan tersebut.

BWF menyambut baik berita itu dan mengonfirmasi semua risiko kesehatan, keselamatan, dan logistik yang relevan telah dipertimbangkan.

Halaman:

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X