Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Atlet Junior Indonesia Tuai Hasil Positif pada Turnamen Bulu Tangkis di Italia

Kompas.com - 24/02/2020, 20:45 WIB
Tri Indriawati

Penulis

KOMPAS.com - Para pebulu tangkis junior Indonesia berhasil menorehkan hasil positif dalam kejuaraan BWF Junior Decathlon Perfly Italian International Challenge 2020 (IC 2020).

Indonesia menurunkan 20 atlet junior dalam kejuaraan yang digelar di Gedung PalaBadminton di Milan, Italia, 21-23 Februari 2020, ini.

Seluruh atlet yang turun didampingi lima pelatih di bawah pimpinan pelatih kepala timnas bulu tangkis Indoneisa, Minarti Timur.

Pada pertandingan babak penyisihan pada Jumat (21/2/2020) dan Sabtu (22/2/2020), para pebulu tangkis Indonesia yang berusia di bawah 19 tahun, tampil cukup meyakinkan. 

Mereka sukses mengalahkan lawan-lawan dari berbagai negara, khususnya dari wilayah Eropa seperti Inggris, Spanyol, Perancis, Jerman, Rusia, dan Italia.

Selain itu, Indonesia juga melawan wakil-wakil dari negara Asia yang menurunkan kontingen dalam kejuaraan ini, yakni India, Thailand, dan Singapura.

Baca juga: Indonesia Ungguli Jepang dalam Daftar Perolehan Gelar BWF World Tour 2020

Beberapa negara lain Asia yang unggul dalam bulu tangkis, seperti China, Jepang, dan Korea Selatan, tidak mengikuti IC 2020 karena dampak dari penyebaran virus corona.

Performa pemain-pemain junior Indonesia di kejuaraan ini terbilang sangat bagus. 

Indonesia sukses mengirimkan wakil ke semifinal dan final untuk semua sektor pertandingan.

Sayangnya, laga semifinal dan final yang direncanakan digelar pada Minggu (23/2/2020) batal dilaksanakan.

Pada Minggu pagi waktu setempat, Asosiasi Bulu Tangkis Italia menyampaikan pengumuman pembatalan seluruh pertandingan semifinal dan final IC 2020 sebagai dampak merebaknya wabah corona virus (covid-19) di Italia.

Baca juga: Bebas dari Virus Corona, Tim China Siap Ikut 3 Turnamen BWF di Eropa

Virus corona mulai merebak di Italia bagian utara, khususnya di wilayah Lombardia, Veneto, dan Turin.

Adapun Milan merupakan kota di wilayah Lombardia dan terletak sekitar 80 km dari kota-kota outbreak corona virus, seperti di Codogna.

Sebagai catatan, hingga dengan Minggu (23/02), korban meninggal di Italia karena covid-19 berjumlah 3 (tiga) orang, dengan kasus positif corona virus tercatat lebih dari 100 orang.

Pemerintah Italia telah mengambil langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona termasuk dengan penutupan sekolah serta pembatalan kegiatan umum seperti festival dan kejuaraan olah raga di beberapa wilayah Italia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com