Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masuk Jajaran 10 Negara Terindah di Dunia, Urutan Berapa?

Kompas.com - 19/06/2022, 08:50 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Banyak negara memiliki daya tarik tersendiri seperti makanan tradisional, arsitektur bangunan hingga panorama alam.

Bahkan ada beberapa negara yang mendapatkan peringkat dan dinobatkan sebagai negara terindah di dunia.

Melansir dari Conde Nast Traveller, berikut daftar 10 negara terindah di dunia. Menariknya, ada nama Indonesia di dalam daftar tersebut.

Metode survei

Peringkat 10 negara terindah di dunia disusun berdasarkan Travel & Tourism Development Index 2021. Laporan tersebut merupakan hasil survei yang digelar oleh World Economic Forum (WEF), yang dirilis pada Mei 2022.

Survei tersebut memberikan peringkat negara-negara di dunia berdasarkan berbagai faktor, salah satunya sumber daya alam.

Faktor sumber daya alam tersebut meliputi spesies hewan, jumlah situs Warisan Dunia UNESCO, dan jumlah ekosistem yang dilindungi.

Baca juga: Indonesia Jadi Negara Terindah di Dunia, Ini 7 Keindahan Alamnya

Selanjutnya, Conde Nast Traveller menyusun peringkat negara terindah di dunia dari 30 negara peringkat teratas pada Travel & Tourism Development Index 2021, khususnya pada kategori sumber daya alam.

Kemudian, Conde Nast Traveller menggelar survei independen untuk menentukan peringkat 10 negara terindah di dunia.

“Kami mengumpulkan 30 negara peringkat teratas pada kategori sumber daya alam dalam laporan WEF. Kemudian, kami melakukan survei terhadap editor Traveler atas pilihan pribadi mereka, guna menyusun daftar negara terindah di dunia,” tulis Conde Nast Traveller.

Berikut daftar 10 negara terindah di dunia, berdasarkan Travel & Tourism Development Index 2021 oleh World Economic Forum, yang telah diolah Conde Nast Traveller. Berapa peringkat Indonesia dalam daftar negara terindah di dunia?

1. Australia

Australia menyabet peringkat pertama sebagai negara terindah di dunia. Tak diragukan lagi, Australia mempunyai keindahan alam yang tidak tertandingi.

Sebut saja, Great Barrier Reef yang merupakan terumbu karang terbesar di dunia, perkebunan anggur di Victoria, dan bebatuan eksotis di Uluru.

Tak ketinggalan, wisatawan harus mengunjungi Tasmania. Negara bagian berbentuk pulau ini menawarkan panorama hutan belantara, pegunungan, dan pantai yang masih alami serta indah.

2. Meksiko

Meksiko merupakan rumah bagi 67 taman nasional dan lebih dari 5.000 mil garis pantai yang indah. Negara Amerika Latin ini, mempunyai lanskap alam yang lengkap, mulai dari gurun hingga gunung berapi.

Sejumlah ikon wisata Meksiko meliputi negara bagian Oaxaca dengan keindahan pantainya dan Sumidero Canyon yakni tebing setinggi 3.000 kaki, dilengkapi dengan gua, dan air terjun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com