Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Akhir untuk Eril dari Sang Ayah Ridwan Kamil...

Kompas.com - 12/06/2022, 10:47 WIB
Farid Assifa

Penulis

KOMPAS.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendesain 'rumah' untuk putra sulungnya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang meninggal karena terseret arus di Sungai Aare, Swiss, beberapa pekan lalu.

Ridwan Kamil memposting desain makam untuk sang anaknya itu melalui Instagram Ridwan Kamil, @ridwankamil, Sabtu (11/6/2022).

Saat membagikan desain rumah untuk Eril ini, Ridwan Kamil menulis kata-kata yang sangat mengharukan.

"Dear Eril, Sudah aku siapkan sebuah tempat yang istimewa. Sudah aku desainkan sebuah rumah akhirmu yang indah. Di sebelah sungai kecil, dengan pemandangan gunung dan persawahan yang hijau permai."

Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, Masjid ini dinamai seperti namamu. Masjid Al Mumtadz. Yang artinya terbaik. Terbaik adalah caramu menjalani hidup di dunia fana ini. Tidak sia-sia kami pilihkan nama penuh doa itu untukmu."

Baca juga: Eril dalam Perjalanan Pulang Menuju “Rumah Terakhir”…

Desain rumah akhir Eril ini dikemas dalam bentuk coretan gambar hitam putih. Ridwan Kamil membuat denah makam Eril di pinggir sungai dengan pemandangan gunung dan pesawahan.

Lokasi yang digambarkan Ridwan Kamil itu adalah Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung. Tempat tersebut tepatnya berada di lingkungan Islamic Center Baitul Ridwan.

Jenazah Eril dalam perjalanan

Emmeril Kahn Mumtadz putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia tenggelam di Sungai Aare, Swiss saat berenang.IG Emmeril Kahn Mumtadz Emmeril Kahn Mumtadz putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia tenggelam di Sungai Aare, Swiss saat berenang.

Jenazah Eril dalam perjalanan pulang dari Swiss menuju Indonesia.

Jenazah Eril sudah diberangkatkan dari Bandara Zurich, Siwss, pada Sabtu (11/6/2022) pukul 10.10 waktu setempat atau sekitar 15.10 WIB.

"Jenazah Ananda Eril diterbangkan dalam satu flight dengan Bapak Ridwan Kamil beserta keluarganya," kata Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha dlansir Kompas.com, Sabtu.

Diperikrakan, jenazah Eril dan keluarganya tiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Minggu (12/6/2022) sekitar pukul 15.45 WIB.

Baca juga: Potret-potret Salam Perpisahan Ridwan Kamil untuk Eril, Pimpin Shalat Gaib hingga Lempar Mawar di Sungai Aare

Jenazah kemudian akan dibawa melalui jalur darat dan disemayamkan di Gedung Pakuan hingga Senin (13/6/2022). Selanjutnya dimakamkan pada hari itu di lokasi pemakaman Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com