Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sungai Paling Lebar di Dunia, Ukurannya Bisa Setara Negara Jerman

Kompas.com - 04/06/2022, 11:05 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Selain menjadi salah satu sungai terpanjang, sungai Amazon pun dinobatkan sebagai sungai paling lebar di dunia.

Sungai Amazon mengalir melewati enam negara, yakni Brazil, Peru, Columbia, Ekuador, Bolivia, dan Venezuela. Akan tetapi, hampir dua per tiga sungai terletak di Brazil.

Muara sungai yang membentang dari pegunungan Andes menuju ke Samudera Atlantik ini sangat dalam dan lebar.

Bahkan, kapal-kapal besar yang biasa berlayar di laut bisa masuk ke dalam jalur sungai Amazon.

Dilansir dari Universe Today melalui KOMPAS.com, meskipun musim panas, sungai Amazon tetap menjadi yang terlebar di dunia.

Baca juga: 18 Negara yang Tidak Punya Sungai, dari Mana Warganya Dapat Air?

Saat musim panas, lebar sungai Amazon dapat mencapai 11 kilometer (km). Lebar sungai ini bahkan bisa mencapai 40 km saat musim hujan.

Sebagai perbandingan, luas permukaan sungai Amazon setara dengan negara Kuba atau sekira 110.000 km persegi saat musim panas.

Sementara itu, saat musim hujan, luas permukaan sungai Amazon mencapai 350.000 kilometer persegi atau setara dengan luas negara Jerman.

Sungai Amazon tempat berbagai satwa berbahaya

Sungai Amazon merupakan habitat beberapa hewan mengerikan, seperti manatee atau lembu laut, penyu sungai, aligator, dan ikan piranha.

Selain itu, salah satu ikan air tawar terbesar, Arapaima, bisa ditemukan di sungai ini. Arapaima adalah ikan yang panjangnya bisa mencapai 4 meter dengan berat 200 kilogram.

Populasi beberapa jenis hewan khas sungai Amazon kini semakin terancam karena aktivitas perburuan untuk diperjualbelikan. Contohnya, aligator dijual kulitnya dan telur penyu sungai dijual untuk dikonsumsi.

(Penulis: Nadia Faradiba)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com