Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fungsi Mode Dry pada AC yang Jarang Diketahui

Kompas.com - 28/05/2022, 17:10 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Fungsi mode dry pada AC pada AC perlu diketahui, terutama oleh masyarakat yang memiliki alat pendingin ruangan itu di rumahnya.

Pasalnya, masih banyak orang yang belum mengetahui sejumlah fitur yang terdapat pada AC, salah satunya adalah mode dry atau mode kering.

Biasanya, mode ini disimbolkan dengan gambar tetesan air yang memiliki garis pada bagian tengahnya.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (25/11/2021), berikut ini 4 fungsi mode dry pada AC yang jarang diketahui:

1. Mengurangi kelembapan udara

Fungsi utama mode dry pada AC adalah mengurangi kelembapan udara atau berperan sebagai dehumidifier. Mode dry sangat cocok digunakan ketika hujan turun.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi AC yang Tidak Dingin dengan Maksimal

Saat hujan, kelembapan udara di dalam ruangan akan menjadi sangat tinggi. Dengan menyalakan mode dry, ruangan menjadi tetap sejuk dan kelembapan tetap terjaga.

Meski tidak bisa menghilangkan semua kelembapan di dalam ruangan, namun mode dry dapat membuat ruangan terasa lebih nyaman.

2. Menghemat daya listrik

Ketika menyalakan AC, tidak sedikit orang yang khawatir tagihan listrik di rumahnya melonjak. Akan tetapi, penggunaan mode dry pada AC dapat menurunkan daya listrik yang diperlukan ketika menyala.

Pasalnya, saat mode dry pada AC diaktifkan, kompresor serta kipas AC akan bekerja lebih rendah dibandingkan dengan saat tidak memakai mode dry.

Dengan begitu, daya listrik yang dibutuhkan juga rendah, sehingga listrik yang digunakan lebih sedikit. Pada akhirnya, biaya listrik yang harus dibayar pun tidak besar meski menyalakan AC di rumah.

Baca juga: 5 Mitos dan Fakta Seputar AC, Mana yang Benar-benar Hemat Listrik?

3. Baik untuk lingkungan

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, mengaktifkan mode dry dapat menghemat listrik. Artinya, hal ini akan memberikan dampak lebih baik pada lingkungan.

4. Menjaga komponen AC lebih awet

Mode dry secara tak langsung bisa membuat AC lebih awet. Alasannya, saat mengaktifkan mode dry, komponen AC seperti kompresor dan kipas bekerja lebih rendah sehingga akan membuatnya lebih awet.

(Penulis: Abdul Haris Maulana | Editor: Esra Dopita Maret)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com