Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Alat Elektronik yang Mengonsumsi Banyak Daya Listrik

Kompas.com - 28/05/2022, 11:15 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Adanya alat elektronik di rumah memang membantu memudahkan sejumlah pekerjaan. Misalnya mesin cuci yang fungsinya sangat meringankan dan mempercepat kegiatan membersihkan pakaian.

Akan tetapi, banyak alat elektronik membutuhkan daya listrik yang cukup besar agar dapat beroperasi. Oleh sebab itu, semakin sering digunakan, tagihan listrik pun dapat membengkak.

Dilansir dari Renonation Singapore melalui KOMPAS.com, berikut ini enam alat elektonik yang mengonsumsi banyak daya listrik.

1. Mesin cuci

Mesin cuci mengonsumsi banyak daya listrik terutama saat menggunakan mode pencucian yang berbeda.

Seperti yang diketahui, mesin cuci memiliki mode pencucian yang berbeda untuk setiap material pakaian. Misalnya, mode pencucian halus untuk mencuci sweater mengonsumsi daya paling tidak besar.

Baca juga: Daftar Barang Elektronik yang Sebaiknya Tidak Dicolok ke Stopkontak Kabel

Pasalnya, pencucian halus perlu mengubah arah putaran lebih sering daripada pencucian kuat. Setipa kali arah putaran berubah, mesin cuci harus berhenti dan dihidupkan ulang.

Mode pencucian halus mengonsumsi lebih banyak daya daripada mode pencucian kuat. Apabila ingin menghemat listrik, cobalah menghindari penggunaan mode pencucian halus.

2. Microwave

Microwave tidak menghabiskan banyak daya selama dicolokkan atau keadaan standby. Konsumsi daya lebih besar justru bergantung pada jenis makanan yang dipanaskan.

Microwave adalah alat elektronik yang berfungsi untuk memanaskan makanan dengan cara memanaskan air di dalam makanan.

Jika yang dipanaskan adalah makanan kering, waktu pemanasan akan lebih lama dan konsumsi listrik akan lebih tinggi.

Baca juga: Gunakan 4 Bahan Ini untuk Bersihkan Karet Pintu Kulkas dari Kotoran

Coba percikkan sedikit air saat makanan kering dan menutup makanan dapat mempersingkat waktu pemanasan serta mengurangi konsumsi daya listrik.

3. Rice cooker

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Senin (23/5/2022), meski berukuran kecil, rice cooker mengonsumsi daya besar yang mirip dengan AC. Rice cooker mampu mengonsumsi 1 kW listrik dalam satu jam penggunaan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com