Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Tidak Boleh Menyimpan Barang di Atas Kulkas

Kompas.com - 28/05/2022, 10:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Bagian atas kulkas kerap difungsikan sebagai meja tempat meletakkan berbagai benda, seperti gelas, pajangan, stoples, kunci, botol minum, dan lainnya.

Padahal, meletakkan benda di atas kulkas adalah tindakan yang dilarang. Bahkan, para produsen lemari pendingin pun biasanya mencantumkan anjuran tersebut di dalam buku panduannya.

Dilansir dari Home Cook World melalui KOMPAS.com, secara lebih rinci, pemilik harus memastikan tidak meletakkan barang yang menghasilkan panas di atas kulkas.

Selain itu, hindari juga menyimpan sesuatu yang mudah jatuh di atas kulkas karena berisiko mengenai orang lain.

Alasan tidak boleh meletakkan barang di atas kulkas

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Kamis (12/5/2022), kulkas pada dasarnya adalah sebuah kotak dengan kompresor yang menggerakkan cairan, yang disebut "cairan pendingin", melalui beberapa sistem kumparan, yakni:

Baca juga: Gunakan 4 Bahan Ini untuk Bersihkan Karet Pintu Kulkas dari Kotoran

- Gulungan di bagian dalam kulkas berisi cairan dingin bertekanan rendah yang bisa mendinginkan.

- Kumparan di bagian belakang kulkas berisi cairan panas bertekanan tinggi yang melepaskan panas ke lingkungan sekitar kulkas.

Panas yang keluar dari kulkas bahkan dapat naik ke atas dan menghangatkan dinding dapur, serta benda apa saja yang ada di atas atau di dekatnya.

Panas yang keluar dari kulkas tidak hanya dapat merusak benda yang diletakkan di atasnya, tetapi juga dapat merusak lemari pendingin itu sendiri.

Selain menghalangi aliran udara, benda yang diletakkan juga bisa mengganggu keseimbangan kulkas sepenuhnya, dan semuanya dapat jatuh ketika membuka pintu kulkas.

Baca juga: 5 Cara Mencairkan Bunga Es di Freezer Kulkas

Sebagian besar kulkas dirancang untuk memiliki sedikit "ruang penyangga" antara kondensor panas dan pendingin di bagian antara belakang unit dan dinding dapur.

Zona penyangga ini diperlukan untuk mengontrol panas. Akan tetapi, benda-benda yang diletakkan di atas kulkas bisa terjatuh dan meluncur ke belakang kulkas lalu terjebak di sana.

Lebih parah lagi, ketika barang yang lebih kecil tersangkut di antara kumparan kondensor pemanas dan pendingin, terperangkap di dalamnya, kemudian meleleh dan terbakar.

(Penulis: Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com