Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Tanaman yang Bisa Mengusir Nyamuk dari Rumah

Kompas.com - 22/05/2022, 18:00 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membasmi nyamuk di rumah, seperti dengan menggunakan krim atau larutan anti nyamuk, atau obat nyamuk bakar maupun elektrik.

Akan tetapi, semua alat pembasmi nyamuk itu mengandung bahan kimia yang memiliki efek samping bagi kesehatan serta berbahaya bila dijangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Lebih baik coba cara membasmi nyamuk secara alami, salah satunya dengan menanam tanaman pengusir nyamuk.

Dilansir dari DIY and Crafts melalui KOMPAS.com, berikut ini 9 tanaman pembasmi nyamuk di dalam rumah.

1. Sereh atau serai

Selain dapat menambah cita rasa masakan, sereh atau serai ternyata juga bisa mengusir nyamuk dari rumah. Tanaman yang dikenal juga dengan sebutan Citronella ini sering digunakan sebagai bahan larutan penyemprot nyamuk.

Baca juga: 4 Pupuk yang Cocok untuk Tanaman Anggrek

Sereh memiliki aroma khas yang segar dan kuat, namun tak disukai oleh nyamuk. Oleh sebab itu, letakkan tanaman sereh di luar dan dalam ruangan agar tak ada lagi nyamuk yang masuk ke dalam rumah.

2. Lavender

Tanaman pembasmi nyamuk selanjutnya adalah lavender. Sama seperti sereh, lavender pun sering dijadikan bahan larutan pengusir nyamuk.

Lavender memiliki aroma yang menenangkan bagi manusia, tetapi tidak untuk nyamuk. Aroma khas yang kuat dari tanaman lavender mampu mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah.

Cara merawatnya pun sangat mudah, lavender tahan terhadap kekeringan dan dapat tumbuh dengan baik di tempat dengan sinar matahari penuh dan drainase yang cukup.

3. Marigold

Marigold atau Tagetes erecta memiliki warna cerah dan bentuk yang cantik. Selain bisa menghiasi rumah, tanaman ini juga dapat diandalkan untuk mengusir nyamuk di rumah.

Baca juga: Cara Menyiram Tanaman Aglonema yang Benar agar Sehat dan Berdaun Lebat

Selain dapat mengusir nyamuk, tanaman marigold juga bisa mengusir hama lain yang ada di sekitar rumah.

Merawat tanaman ini pun sangat mudah, sebab marigold bisa tumbuh dengan baik di dalam pot atau berdampingan dengan tanaman lain di kebun.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com