Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Membeludak, Dishub akan Evaluasi Car Free Day di Jakarta Lanjut atau Tidak

Kompas.com - 22/05/2022, 10:50 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Hari pertama bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD) di tahun 2022 disambut antusias warga, Minggu (25/5/2022).

Setelah dua tahun ditutup akibat Pandemi Covid-19, CFD kali ini terpantau membludak oleh warga yang olahraga berjalan kaki, berlari hingga bersepeda.

Pantauan Kompas.com pada pukul 07.34 WIB di CFD Sudirman-Thamrin, beberapa warga juga menikmati CFD terlihat beristirahat di Sarinah, duduk di tangga masuk mall yang baru direvitalisasi tersebut.

Kompas.com juga menyusuri jalan dari Sarinah sampai ke Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Warga paling banyak terlihat di Bundaran HI untuk menikmati CFD, mulai dari berolahraga hingga sekadar berfoto dengan tugu selamat datang.

Bundaran HI juga terlihat menjadi favorit karena di belakang pos polisi terdapat warung tempat makan untuk warga yang kebetulan tidak membawa makanan.

Diketahui CFD kali ini pedagang kaki lima (PKL) tidak diizinkan untuk berjualan di sepanjang CFD karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan.

Terlihat juga banyak warga yang tidak mengunakan masker, khususnya mereka yang berlari dan menggunakan sepeda.

Baca juga: Pemprov DKI Imbau Warga yang Datang ke CFD Tetap Gunakan Masker dan Jaga Jarak

Warga membeludak banyak tak scan Pedulilindungi

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kepatuhan penggunaan aplikasi PeduliLindungi menjadi sorotan dalam pembukaan kembali CFD.

Dia mengatakan, warga antusias dan membeludak membuat petugas sulit mengontrol kedisiplinan scan QR Code saat memasuki area CFD.

"Memang evaluasinya tentu kedisiplinan masyarakat untuk menggunakan akses PeduliLindungi langsung ke area car free day," kata Sambodo di CFD Sudirman-Thamrin, Jakarta, Minggu (22/5/2022).

Untuk itu, Sambodo mengatakan, akan melakukan evaluasi jumlah petugas yang berjaga di titik scan QR Code.

"Tentu itu harus dibarengi dengan perbanyak petugas di pintu masuk untuk pastikan bahwa setiap masyarakat yang masuk ke area CFD diharapkan menggunakan PeduliLindungi," kata dia.

Baca juga: Hari Pertama Car Free Day 2022: Masyarakat Antusias, Bundaran HI Spot Favorit

Selain itu, Sambodo juga akan melakukan evaluasi operasional bus Transjakarta yang melintas di lokasi CFD.

"Pada saat CFD jam 6-10 kita kurangi jumlah busnya. Ini kan sangat berbahaya, di beberapa jalan sempit (dampak pembangunan MRT). Jadi ada rebutan pesepeda pejalan kaki sama Transjakarta," ujar dia.

Evaluasi kelanjutan CFD

Di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo menjelaskan CFD kali ini tetap dilakukan pembatasan sesuai dengan situasi pandemi Covid-19 hari ini.

"Sebagai contoh waktu pelaksanan pukul 06.00-12.00 WIB, hari ini karena terbatas dilaksanakan sampai pukul 10.00 WIB. Selanjutnya partisipan kami larang karena dikhawatirkan menimbulkan kerumunan," ujar Syafrin.

Setelah pelaksanaan CFD hari ini, Syafrin mengatakan akan melakukan evaluasi dan akan diputuskan Selasa (24/5/2022) besok apakah bisa dilanjutkan atau tidak.

Baca juga: Pembukaan Car Free Day, Warga Membeludak, Petugas Sulit Kontrol Kepatuhan Scan PeduliLindungi

(Sumber: Kompas.com Penulis Singgih Wiryono | Editor Diamanty Meiliana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com