Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Bandara Paling Ramah Keluarga Tahun 2022, Ada dari Indonesia?

Kompas.com - 21/05/2022, 14:28 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Ketika berlibur menggunakan pesawat, salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah kondisi bandara. Sebab, waktu yang dihabiskan di bandara saat berlibur bisa sangat lama.

Sehingga, bandara yang tidak nyaman akan membuat suasana liburan menjadi berantakan. Saat ini sebagian besar bandara sudah mulai dilengkapi beberapa fasilitas seperti restoran, WiFi, dan berbagai hiburan lainnya.

Sejumlah bandara di dunia masuk dalam kategori bandara paling ramah keluarga di dunia. Dilansir dari The Family Vacation Guide (21/3/2022), suatu riset dilakukan pada 50 bandara tersibuk di dunia untuk mengetahui layanan bandara yang terbaik dan ramah untuk keluarga.

Baca juga: 5 Bandara Paling Ramah Keluarga 2022, Indonesia Peringkat Berapa?

Beberapa hal yang menjadi indikator penilaiannya adalah tingkat delay (penundaan maskapai) dan ketepatan waktu. Kedua hal ini dinilai sangat berkaitan dengan kenyamanan penumpang terutama bagi anak-anak.

Bandara paling ramah keluarga di dunia tahun 2022

Berikut ini adalah 5 bandara paling ramah keluarga tahun 2022, mengutip laman The Family Vacation Guide, Minggu (15/5/2022).

1. Bandara Changi Singapura

Gedung Jewel yang menghubungkan Terminal 1 dan Terminal 2, Bandara Changi Singapura.Dok. Lonely Planet Gedung Jewel yang menghubungkan Terminal 1 dan Terminal 2, Bandara Changi Singapura.

Di urutan pertama ada Bandara Changi Singapura. Bandara ini merupakan bandara tersibuk di dunia, dengan perolehan skor 8,73.

Bandara Changi memiliki persentase keberangkatan tepat waktu tertinggi ketiga yakni sebesar 90,5 persen dan tingkat pembatalan 1 persen. Dengan perolehan tersebut, Bandara Changi dinilai dapat memberikan ketenangan bagi para penumpang.

Tidak hanya soal ketepatan waktu, fasilitas yang dimiliki bandara ini juga terbilang lengkap. Di antaranya adalah terdapat lebih dari 400 tempat makan dan aktivitas, sehingga cocok menjadi hiburan bagi anak-anak.

Baca juga: 5 Hotel Bandara Paling Keren di Dunia, Wajib Jadi Pilihan Liburan

Adapun rinciannya 228 tempat makan, dan 205 pilihan aktivitas. Seperti, taman hiburan Jewel Changi dengan konsep one stop entertainment, shopping area, aneka kuliner, air terjun dalam ruangan dengan ketinggian sekitar 40 meter, dan lain-lain.

2. Bandara Internasional Utama Frankfurt

Bandara FrankfurtUnsplash/Dennis Gecaj Bandara Frankfurt

Dilihat dari persentase keberangkatan tepat waktu, Bandara Internasional Utama Frankfurt, Jerman, jauh lebih kecil dibandingkan Bandara Changi, yakni 78,7 persen.

Namun bandara ini berada di urutan kedua bandara paling ramah keluarga. Hal itu karena fasilitas yang dimiliki cukup lengkap di antaranya 126 tempat makan, 179 pilihan kegiatan, dan akses Wifi yang membuat waktu tunggu di bandara menjadi lebih menyenangkan.

Bandara Internasional Utama Frankfurt mendapatkan skor 8,47. Selain itu tingkat pembatalan

Meskipun persentase keberangkatan tepat waktu sedikit lebih rendah, bandara ini menawarkan banyak hal untuk dilakukan di tempat.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com