Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak Cara Mencuci Bantal yang Menguning agar Kembali Putih

Kompas.com - 21/05/2022, 07:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Bantal bisa membantu seseorang tidur menjadi lebih nyenyak. Namun bantal yang kotor dan menguning justru akan mengganggu tidur Anda.

Penyebab bantal menguning biasanya disebabkan oleh keringat maupun air liur. Hal ini bisa terjadi lantaran bantal digunakan secara terus-menerus sehingga terkena paparan keringat dan minyak alami dari tubuh seseorang yang menggunakannya.

Meski noda kuning di bantal kerap menjadi masalah yang menyulitkan, bukan berarti hal ini tidak bisa diatasi. Ada cara mencuci bantal menguning yang bisa dilakukan agar bisa kembali putih bersih.

Baca juga: 7 Kegunaan Sarung Bantal Lama, Bisa Jadi Pembersih Kipas Angin

Cara membersihkan bantal yang menguning

Untuk mencuci bantal yang menguning, Anda bisa memanfaatkan detergen dan sedikit boraks. Dilansir dari One Good Thing by Jille, Senin (16/5/2022), berikut ini adalah cara mencuci bantal menguning agar kembali putih bersih.

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • Satu cangkir (sekitar 250 ml) detergen bubuk.
  • Satu cangkir detergen sabun mesin pencuci piring bubuk (dishwasher detergent).
  • Satu cangkir pemutih (atau alternatif pemutih)
  • Setengah cangkir boraks

Namun perlu diingat, sebelum mencuci bersih periksa terlebih dahulu label perawatan yang terdapat pada bantal Anda.

Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah bantal milik Anda termasuk jenis yang bisa dicuci. Sebagian besar bantal bulu dan bantal sintetis dapat dicuci dengan aman.

Baca juga: Tips Mencuci Bantal yang Menguning agar Kembali Putih Bersih

Ilustrasi bantal yang sudah usang dan bernoda kuning.SHUTTERSTOCK/PARKIN SRIHAWONG Ilustrasi bantal yang sudah usang dan bernoda kuning.

Langkah-langkah mencuci bantal yang menguning

1. Rendam bantal di dalam air panas

Langkah pertama dalam mencuci bantal yang menguning adalah siapkan air panas mendidih terlebih dahulu. Ini dilakukan untuk merendam bantal dan melarutkan noda kuning yang membandel.

Jika Anda memiliki mesin cuci bukaan atas (top loading), Anda bisa langsung merendam bantal yang menguning di mesin cuci.

Bagi yang memiliki mesin cuci bukaan depan, atau jika mesin cuci bukaan atas tidak memiliki fungsi rendam (soak), Anda bisa merendam bantal tersebut di dalam ember.

Baca juga: Ketahui, Ini Ukuran Bantal yang Dapat Memberi Kenyamanan Saat Tidur

Berikutnya masukkan detergen cucian bubuk, detergen pencuci piring, dan boraks ke dalam air panas mendidih dan aduk sampai semua bahan bubuk larut.

Jika tidak ingin mencampur bahan-bahan pembersih bubuk di dalam panci, Anda bisa menuangkan air ke dalam ember lalu menambahkan bahan-bahan pembersih bubuk.

Setelah bahan-bahan pembersih bubuk larut ke dalam air panas, tuangkan ke dalam mesin cuci (atau apa pun yang kamu gunakan untuk merendam bantal) lalu tambahkan pemutih.

Kemudian tunggu bantal terendam dalam larutan setidaknya selama 30 menit. Jangan lupa balikkan bantal sekitar setengah dari waktu perendaman untuk memastikan bantal menjadi jenuh di kedua sisi.

2. Cuci bantal

Langkah berikutnya adalah proses pencucian. Setelah bantal direndam, masukkan bantal ke mesin cuci. Pilih pilihan mode pembilasan tambahan jika mesin cuci yang Anda gunakan memilikinya.

Baca juga: Apakah Ukuran Sarung Bantal Harus Lebih Besar dari Bantal?

3. Keringkan bantal

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah mengeringkan bantal. Jika Anda memiliki bantal bulu angsa, masukkan ke dalam pengering.

Tambahkan beberapa bola tenis atau bola pengering wol ke pengering untuk membantu mengembang bantal saat mengering.

Dengan cara ini noda kuning pada bantal bisa menghilang dan bantal menjadi putih bersih kembali.

(Sumber:Kompas.com/Abdul Haris Maulana | Editor: Abdul Haris Maulana)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com