Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kata Warganet Soal Boleh Lepas Masker, Sudah Nyaman hingga Takut Dijadiin Konten

Kompas.com - 21/05/2022, 06:45 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah dalam hal ini Presiden Joko Widodo mengumumkan langsung pelonggaran kebijakan penggunaan masker.

"Dengan memperhatikan kondisi saat ini, di mana penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali, maka perlu saya menyampaikan beberapa hal," ujar Jokowi, dalam keterangan video pada Selasa (17/5/2022) sore.

"Pertama, pemerintah memutuskan melonggarkan kebijakan memakai masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di tempat atau area terbuka yang tidak ada orang, maka diperbolehkan tidak memakai masker," jelasnya.

Kendati demikian, Jokowi menegaskan bahwa kegiatan di dalam ruangan tertutup dan alat transportasi harus tetap memakai masker.

Selain itu, warga yang berusia lanjut maupun memiliki penyakit bawaan, atau sedang dalam kondisi batuk dan pilek, disarankan untuk tetap menggunakan masker.

Meski sudah diperbolehkan tidak memakai masker, namun banyak warganet merespons kebijakan ini dengan memilih untuk tetap memakai masker di luar ruangan.

Warganet pilih tetap pakai masker

Dalam pantauan Kompas.com, mayoritas warganet mengaku masih tetap akan menggunakan masker, meski mandat tersebut telah dicabut.

Alasannya pun beragam, akun @akudoimuceunah, misalnya, ia menyebut membuka masker saat sedang keluar rumah sama halnya dengan membuka aib.

Baca juga: Warga Kota Semarang Sudah Boleh Tak Pakai Masker saat di Ruang Terbuka, Ini Aturannya

"Udah resmi dibolehin lepas masker, tapi sekarang malah buka masker serasa buka aib," tulisnya.

Sementara akun @BSyiJaem132300 mengingatkan, penggunaan masker sebaiknya tetap dilakukan karena Covid-19 masih ada, meski terus menurun.

Hal ini ditambah dengan fakta adanya banyak warga yang belum dites karena alasan biaya.

"Pakai masker udah ga wajib lagi, karena tren kopidnya udah turun. Tapiiiiiii inget ya... Bukan berarti ga ada. Masih ada loh. Itu tuh belum yang ga tes. Tau kan swab tes tuh kudu bayar. Intinya mah kudu tetep hati hati. prokes kudu tetep jalan sih ya," tulis akun itu.

Akun @dwikimic menuliskan, ia akan tetap menggunakan masker karena merasa nyaman.

"Udah boleh lepas masker, tapi tetep boleh pake masker kan? Soalnya udah nyaman keluar-keluar pake masker," tulisnya.

Tak sedikit juga warganet yang mengaku akan tetap menggunakan masker untuk menghindari orang-orang yang merekam secara diam-diam demi kepentingan konten.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com