Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

1 Syawal 1443 Hijriah Jatuh Pada 2 Mei 2022, Ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri yang Bermakna

Kompas.com - 01/05/2022, 19:25 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) menyatakan 1 Syawal atau perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah jatuh pada Senin, 2 Mei 2022.

Menteri Agama (Menag) Yakut Cholil Qoumas mengatakan keputusan ini disampaikan setelah mekanisme sidang Isbat yang digelar Kemenag, Minggu (1/5/2022).

"Dengan berdasarkan hisab dan rukyat, posisi hilal sudah di atas ufuk serta secara mufakat sidang isbat menetapkan 1 Syawal 1443 Hijriyah jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022," kata Yaqut dalam jumpa pers di Kementerian Agama, Minggu (1/5/2022).

Yaqut mengatakan dari 99 titik pengamatan ada yang melaporkan melihat hilal yang sudah sesuai kriterian memasuki bulan baru. Dalam jumpa pers itu, Yaqut mengatakan, hilal atau Bulan sabit tertipis nampak pada ketinggian pada 4 derajat 0,59 menit.

Menag mengatakan, dalam melaksanakan sidang isbat Kemenag menggunakan dua metode, yaitu hisab atau perhitungan dan rukyat atau pengamatan langsung terhadap hilal.

"Keduanya metode yang saling melengkapi dan tidak dipertentangkan," ujar Yaqut.

Baca juga: Keputusan Sidang Isbat: 1 Syawal 1443 H Jatuh pada 2 Mei 2022

"Mudah-mudahan dengan hasil sidang isbat ini seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama. Semoga ini menjadi cerminan kebersamaan umat Islam di Indonesia, dan kebersamaan ini mudah-mudahan menjadi wujud sebagai kebersamaan kita sebagai anak bangsa untuk menatap masa depan bangsa ini lebih baik secara bersama-sama," ujar Yaqut.

Ucapan selamat Idul Fitri 2022 yang bermakna

  1. Taqabbalallaahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin, selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah. (semoga Allah mengabulkan atau menerima amal ibadah amal ibadah Ramadhan saya dan kamu).
  2. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah, taqabbalallaahu minna wa minkum, mohon maaf lahir dan batin.
  3. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Wa ja’alanallaahu wa iyyakum minal ‘aidin wal faizin wal maqbulin, kullu ‘ammin wa antum bi khair. (Semoga Allah SWT menerima amal ibadah Ramadhan saya dan kamu, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah. Dan semoga Allah SWT menjadikan saya dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang, serta diterima amal ibadah. Setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan).
  4. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.
  5. Taqabbalallaahu minna wa minkum, taqabbal ya karim. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah.
  6. Minal‘ aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawwal 1443 Hijriah.
  7. Taqabbalallaahu minna wa minkum, shiyamana wa shiyamakum, kullu ‘ammin wa antum bi khair. (Semoga Allah SWT menerima puasa saya dan kamu, dan setiap tahun semoga kita senantiasa dalam kebaikan).
  8. Meski wajah tak mampu berjumpa, tangan tak bisa saling menjabat, semoga tulisan ini mampu menjadi jembatan pada hari penuh kemenangan ini. Minal ‘aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin.
  9. Memang raga kita tak bertemu, namun hati kita selalu menyatu. Mohon maaf segala khilaf dan tingkah laku. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, mohon maaf lahir dan batin.
  10. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Minal ‘aidin wal Faizin. Semoga kita semua kembali suci dan menggapai kemenangan. Mohon maaf lahir dan batin.

Baca juga: 30 Ucapan Selamat Idul Fitri 2022 Penuh Makna untuk Keluarga dan Teman

(Sumber: Kompas.com Penulis Ulfa Arieza, Aryo Putranto Saptohutomo | Editor Nabilla Tashandra, Aryo Putranto Saptohutomo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com