Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tempat Wisata di Jember yang Gratis Selama Libur Lebaran, Mana Saja?

Kompas.com - 01/05/2022, 15:37 WIB
Artika Rachmi Farmita

Penulis

KOMPAS.COM - Apabila Anda mudik Lebaran ke Jawa Timur, khususnya Jember, jangan lewatkan kesempatan mengunjungi tempat-tempat wisata secara cuma-cuma alias gratis.

Pemerintah Kabupaten Jember, Jawa Timur membebaskan tiket masuk ke beberapa destinasi wisata di Jember selama libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah.

Destinasi wisata yang digratiskan tersebut yakni wisata Pantai Watu Ulo, Wisata Rembangan, dan Pemandian Patemon. Ketiganya menerapkan tiket masuk gratis pada 4 hingga 18 Mei 2022.

Sedangkan satu tempat wisata lain, Pantai Papuma, gratis masuk pada 4 Mei hingga 10 Mei 2022.

Tiket masuk gratis ini khusus bagi warga Jember. “Uji coba wisata gratis ini dikhususkan bagi warga Jember dengan menunjukkan identitas KTP Jember,” kata Bupati Jember Hendy Siswanto usai berkunjung ke Pantai Papuma, Sabtu (30/4/2022).

Menurut dia, kebijakan itu diambil untuk memulihkan perekonomian masyarakat usai pandemi Covid-19 dua tahun berturut-turut.

Hendy berharap tiket masuk gratis wisata ini dapat membuat perekonomian warga sekitar meningkat karena warga akan berbondong-bondong mendatangi tempat wisata.

Untuk itu, pihaknya berkordinasi dengan pihak-pihak terkait keamanan para wisatawan dan protokol kesehatan yang berkunjung ke sana.

Simak ulasan tempat wisata yang bisa Anda kunjungi secara gratis di Jember pada libur Lebaran berikut ini.

Baca juga: Pemkab Jember Gratiskan 4 Destinasi Wisata Selama Lebaran

1. Pantai Watu Ulo

Batu Mirip Ular di Pantai Watu Ulo JemberKOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Batu Mirip Ular di Pantai Watu Ulo Jember

Pantai Watu Ulo memiliki pasir yang berwarna hitam seperti di Payangan. Memandang ke arah timur, tersaji panorama bentang garis pantai yang luas hingga bukit-bukit di Payangan dan Taman Nasional Meru Betiri.

Panjangnya garis pantai tampak berbelok dari arah timur menuju selatan di ujungnya. Belokan itu tampak bagaikan lengkungan raksasa dengan latar belakang perbukitan dan langit biru jika cuaca cerah.

Selain panoramanya yang indah, pantai ini dikenal karena memiliki keunikan tersendiri berupa sebuah batu yang memanjang ke lautan. Panjang batu ini yang terlihat adalah sekitar 110 meter dengan lebar kurang-lebih 4 meter.

Batu memanjang inilah yang menjadi asal penamaan Watu Ulo pada pantai ini.

Watu Ulo terdiri dari dua kata dari bahasa Jawa, yakni watu berarti batu dan ulo yang berarti ular. Jika digabungkan, maka arti nama pantai ini adalah Batu Ular.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com