Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menangkal Kucing Liar Tak Buang Kotoran di Taman Rumah

Kompas.com - 01/05/2022, 13:40 WIB
Maya Citra Rosa

Penulis

KOMPAS.com - Kucing memang sering bertingkah lucu dan menggemaskan, namun terkadang kucing juga suka sembarangan buang kotoran di sekitar rumah.

Kucing liar lebih cenderung terbiasa buang air kecil atau besar di halaman rumah.

Tidak hanya menimbulkan bau tidak sedap, kotoran kucing ini juga bisa sebabkan penyakit bagi penghuni rumah.

Jika seperti itu, dilansir Country Living, Selasa (26/4/2022) ada beberapa cara untuk menangkal kucing liar agar tidak membuang kotoran atau urine di halaman rumah, seperti berikut ini.

Sebarkan aroma yang tak disukai kucing

Kucing terkenal suka menjelajahi halaman, mencari tempat untuk meninggalkan jejak ketika pemilik rumah tidak melihat.

Salah satu cara alami untuk menghentikan mereka meninggalkan endapan di halaman adalah dengan menyebarkan aroma yang tidak mereka sukai.

Kucing sangat sensitif terhadap penciuman sehingga aroma yang kuat seperti lavender, peppermint, atau kayu manis sangat bagus untuk menjauhkan mereka.

Pilih salah satu aroma tersebut, campur dengan air dan semprotkan di sekitar taman. Meskipun ini hanya pilihan jangka pendek, namun hemat biaya dan tidak beracun.

Tutupi taman dengan ranting

Baca juga: Penyebab Kucing Buang Air Kecil pada Tanaman dan Cara Mencegahnya

Kucing tidak menyukai tanah berduri di bawah kakinya, jadi menempatkan ranting atau daun kasar di hamparan bunga akan membantu menjauhkan mereka.

Meskipun mungkin tidak membuat taman Anda terlihat cantik, ini adalah solusi sederhana untuk mencegahnya. Pilihan lain yang perlu dipertimbangkan juga termasuk menempatkan mulsa batu, kulit telur, atau alas karpet plastik yang digunakan kembali.

Pasang sprinkler yang diaktifkan dengan gerakan

Opsi ini mungkin lebih mahal daripada yang lain, tetapi ini sangat efektif.

Kucing tidak suka basah, jadi alat penyiram yang diaktifkan gerakan yang menyala setiap kali mendeteksi gerakan dan panas hewan sangat bagus untuk dipertimbangkan.

Setiap kali kucing berkeliaran di halaman rumah Anda, alat penyiram akan mengeluarkan semburan air secara tiba-tiba, bersama dengan suara yang mengejutkan, untuk menakut-nakuti mereka.

Kulit jeruk

Solusi alami dan sederhana lainnya untuk mengusir kucing dari taman Anda adalah dengan memotong halus buah jeruk (seperti lemon, limau, dan jeruk) dan meletakkannya di sekitar taman.

Mirip dengan lavender dan peppermint, kucing tidak menyukai aroma jeruk yang kuat.

Anda juga dapat membuat larutan sendiri dengan memeras buah-buahan ke dalam air jika Anda lebih suka menyemprotkannya di sekitar kebun.

Gunakan detektor gerakan suara

Baca juga: Tips Menghentikan Kucing Buang Air di Halaman Rumah

Mirip dengan cara kerja penyiram air, pencegah kucing ultrasonik akan memancarkan frekuensi yang sangat tinggi saat mendeteksi gerakan.

Biasanya, suaranya sangat tidak enak bagi kucing tetapi hampir tidak bisa didengar sama sekali oleh manusia. Ini hanya mencakup area kecil taman, jadi yang terbaik adalah menempatkannya di titik masuk.

(Sumber: Kompas.com Penulis Aniza Pratiwi | Editor Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com