Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Kucing Tidak Boleh Diberikan Minum Susu

Kompas.com - 24/04/2022, 20:33 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Bagi Anda yang memelihara kucing, mungkin sering mendengar bahwa susu baik untuk kucing. Sayangnya, hal tersebut tidak lebih dari mitos belaka.

Membiarkan kucing minum susu malah bisa menyebabkan hewan kesayangan Anda itu menderita serangkaian penyakit, termasuk sakit perut, kram, dan diare parah.

Tidak sedikit orang yang memberi minum kucingnya dengan susu lantaran berpikir susu menyehatkan bagi kucing. Padahal sebagian besar kucing tidak toleran laktosa atau mengalami dehidrasi saat diberi susu sapi.

Berbeda dengan kucing dewasa, anak kucing mungkin tampak lebih senang ketika diberikan semangkuk susu. Meski begitu, hal tersebut tidak sepenuhnya baik untuknya.

Baca juga: Mengapa Tidak Boleh Memberikan Susu pada Kucing?

Melansir The Spruce Pets, Selasa (19/4/2022) dalam banyak hal, susu memang bisa menjadi "makanan yang menenangkan" anak kucing karena mengingatkan pada susu induknya. Namun hal ini sebaiknya dihindari.

Ketika Anda menemukan kucing peliharaan di rumah tidak berekasi seperti muntah atau diare saat diberi semangkuk susu, itu artinya ia dapat mengonsumsi susu utuh, susu skim, atau susu bebas laktosa. Tapi ingat, dalam jumlah kecil.

Beberapa ahli menyarankan bahwa krim lebih baik daripada susu biasa karena memiliki lebih sedikit laktosa daripada susu utuh atau susu skim.

Akibat dari kucing minum susu

Salah satu risiko dari membiarkan kucing minum susu adalah diare. Jika kucing Anda mengalami diare secara intens setelah diberi minum susu, akibatnya bisa fatal. Bisa saja kucing Anda mengalami dehidrasi. Kasus ini biasanya sering ditemukan pada anak kucing.

Solusinya adalah Anda cukup memberi minum kucing dengan apa yang benar-benar ia butuhkan, yakni air bersih. Air diperlukan secara teratur untuk membantu kucing tetap terhidrasi.

Apabila kucing Anda tampaknya tidak minum cukup air, maka Anda bisa memberikannya makanan-makanan basah. Sebab kadar air pada makanan sering kali cukup untuk memenuhi kebutuhannya.

Namun, jika kucing makan makanan kering dan tidak mendapatkan cukup air, Anda dapat mencoba membuat kucing Anda minum dari air pancuran atau keran, karena air yang mengalir sering memikat mereka.

Baca juga: Kenali 6 Tanda Kucing sedang Sekarat

Ilustrasi kucing minum susu. SHUTTERSTOCK/VASILYEV ALEKSANDR Ilustrasi kucing minum susu.

Susu apa yang baik untuk kucing?

Kendati secara umum susu tidak disarankan bagi kucing, bukan berarti tidak ada susu yang cocok untuk kucing.

Ada jenis susu bebas laktosa yang memang dibuat khusus untuk kucing. Namun memberikannya secara rutin juga bisa berisiko, sebab meminum susu khusus ini tidak menjamin bahwa kucing Anda tidak akan mengalami reaksi seperti ketika meminum susu biasa.

Karena itu untuk pemberian susu bebas laktosa ini tetap harus dikonsultasinya terlebih dahulu dengan dokter hewan.

Mengapa susu tidak baik untuk kucing? Karena kebanyakan kucing tidak toleran laktosa, dan kebanyakan susu mengandung laktosa.

Baca juga: Lakukan 7 Hal Ini Sebelum Mengajak Kucing Bepergian dengan Mobil

Apakah santan baik untuk kucing?

Meskipun jumlah yang sangat kecil tidak akan menyakiti kucing Anda, santan mengandung lemak dan minyak dalam jumlah tinggi yang tidak dibutuhkan kucing Anda dalam makanannya.

(Sumber:Kompas.com/Aniza Pratiwi | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com