Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Jalan Tol di Jateng yang Berpotensi Macet Saat Arus Mudik Lebaran 2022

Kompas.com - 24/04/2022, 20:30 WIB
Muhamad Syahrial

Penulis

KOMPAS.com - Daftar jalan tol di Jawa Tengah (Jateng) yang berpotensi mengalami kemacetan saat arus mudik Lebaran 2022 perlu diketahui oleh masyarakat yang hendak merayakan hari raya Idul Fitri 1443 H di kampung halaman.

Apalagi, Provinsi Jateng diprediksi menjadi tujuan terbanyak mudik pada periode Lebaran 2022 ini.

Sebagaimana diberitakan KOMPAS.com pada Rabu (20/4/2022), Direktur Utama PT Trans Marga Jateng, Denny Candra Irawan mengatakan, kepadatan arus kendaraan di tol Semarang-Solo diperkirakan akan terjadi di Exit Tol Bawen.

"Titik rawan macet di tol Semarang-Solo biasanya terjadi di akses Bawen karena ada terminal Tipe A di Bawen yang jaraknya hanya 800 meter," kata Denny.

Denny mengungkapkan, pihaknya bersama kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) telah menyiapkan langkah-langkah rekayasa lalu lintas untuk mengatasi kepadatan arus kendaraan.

Baca juga: Puncak Arus Mudik Berpotensi Macet, Menhub: Jangan Harap ke Semarang Bisa 6-7 Jam

"Nanti ada prioritas untuk (kendaraan) keluar ke arah Bawen. Kalau tidak menampung lagi, kita rekayasa keluar ke arah Salatiga, memutar di Jalan raya Bawen Salatiga, atau melakukan pengalihan dengan menutup Simpang Susun Bawen dari Salatiga ke Boyolali," ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Utama Jasa Marga Solo-Ngawi, Arie Irianto menyebut bahwa kepadatan arus kendaraan di tol Solo-Ngawi diprediksi akan terjadi di Exit Tol Kartasura.

"Ada potensi (kemacetan) di gerbang tol Colomadu, Kartasura. Jadi akan terjadi kepadatan di Bawen ke arah Yogyakarta, diteruskan ke arah Boyolali, lalu diteruskan ke Colomadu, kemudian ada di rest area, tetapi sudah kita antisipasi. Kalau dari jalur relatif aman dan terkendali," ujarnya.

Direktur Utama Jasa Marga Semarang-Batang, Prayudi menambahkan, pihaknya mengantisipasi terjadinya kepadatan arus kendaraan di titik Simpang susun Krapyak.

"Ketika diberlakukan one way yang cukup berat di titik Simpang susun Krapyak, yang tadinya empat ketika masuk menjadi dua jalur. Memang secara kapasitas cukup cuma kecepatan berkurang karena geometrik jalan," tuturnya.

Baca juga: Persiapan Mudik Lebaran 2022, Cek Harga Tiket Bus Jakarta-Surabaya dan Jakarta-Malang

Selain itu, kepadatan arus kendaraan saat arus mudik Lebaran 2022 juga berpotensi terjadi di tanjakan depan Unisbank.

"Karena jalannya naik, kami khawatir di situ terjadi perlambatan kendaraan. Apalagi jika ada truk, walaupun tidak boleh masuk tapi untuk sembako kan masih dibolehkan. Jika terjadi perlambatan, terjadi antrean," jelasnya.

Selain itu, di Simpang susun Jangli dan tanjakan Tembalang diperkirakan juga akan terjadi kepadatan arus kendaraan.

"Simpang susun Jangli yang tadinya dua menjadi satu jalur, sehingga dikhawatirkan terjadi antrean. Secara kapasitas jalan cukup, cuma karena ada putaran, pasti kendaraan mengurangi kecepatan. Lalu di tanjakan Tembalang akan terjadi perlambatan sehingga kendaraan belakangnya ikut antre," ucapnya.

Pihaknya juga mengantisipasi kepadatan kendaraan di rest area tol Semarang-Batang, termasuk di gerbang Tol Kalikangkung.

"Kami sudah kondisikan di gerbang tol Kalikangkung sebagai alat kontrol untuk fasilitas ke arah Semarang A B C," jelasnya.

(Penulis: Kontributor Semarang, Riska Farasonalia | Editor: Ardi Priyatno Utomo)

Sumber: KOMPAS.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com