Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis Hingga Kini

Kompas.com - 23/04/2022, 07:45 WIB
Maulana Ramadhan

Penulis

KOMPAS.com - Peradaban manusia di dunia sudah dimulai sejak ribuan tahun yang lalu. Bukti dari peradaban panjang manusia adalah peninggalan artefak-artefak kuno.

Jejak lain dari kehidupan manusia di masa lampau adalah berdirinya kota-kota kuno. Meski banyak dari kota-kota tua tersebut sudah tidak eksis lagi, sebagian di antaranya masih bertahan dan bahkan berkembang menjadi kota yang lebih modern.

Terdapat beberapa sumber yang mengurutkan kota tertua di dunia apa saja yang masih eksis hingga kini.

Namun lantaran hilangnya bukti arkeologis akibat waktu dan kehancuran serta sifat penanggalan artefak kuno yang tidak tepat, penelusuran kota-kota tua ini menjadi tantangan bagi para peneliti.

Baca juga: 10 Kota Tertua di Dunia yang Masih Eksis, Mana Saja?

Karena fakta inilah berbagai sumber memiliki urutan berbeda mengenai kota tertua di dunia.

Daftar Kota tertua di dunia

Melansir US News, berikut ini adalah daftar 10 kota tertua di dunia yang masih eksis sampai saat ini:

1. Jericho, Palestina

Di urutan pertama ada Jericho di wilayah Palestina. Jericho diyakini menjadi kota tertua di dunia yang sudah ada sejak 9000 SM.

Bukti peninggalan peradaban masa lalu di kota Jericho adalah adanya Tembok Jericho. Bangunan setinggi 3,6 meter (12 kaki) itu menjadi salah satu penemuan arkeologi terbesar di Jericho yang diperkirakan dibangun pada 8000 SM.

Di era modern, Jericho sempat diduduki Israel setelah perang tahun 1967. Setelah itu, Jericho diserahkan ke Palestina atas dasar perjanjian Oslo yang ditandatangani pada 1993.

2. Byblos, Lebanon

Byblos merupakan sebuah kota pelabuhan di pantai Mediterania. Berdasarkan penelitian arkeologi, kota ini sudah dihuni sejak zaman Neolitikum di tahun 8800-7000 SM. Hal ini menjadikan Byblos sebagai kota tertua kedua di dunia.

Selama periode Mesir kuno, kota yang memiliki nama lain Jubayl ini menjadi pusat perdagangan utama sebagai pengekspor utama kayu cedar ke Mesir, dikutip dari Oldest.

Byblos ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia Unesco di tahun 1984.

Baca juga: 10 Kota Tertua di Indonesia, dari Padang hingga Palembang

Kota tua Byblos di Lebanon.WIKIMEDIA Kota tua Byblos di Lebanon.

3. Fayoum, Mesir

Wilayah Mesir memiliki sejarah peradaban manusia yang panjang. Di zaman kuno, kota Fayoum di Mesir menjadi wilayah yang subur karena lokasinya yang tidak jauh dari hamparan Sungai Nil.

Kota Fayoum diperkirakan sudah dihuni manusia sekitar 7200 SM dan komunitas pertanian pertamanya didirikan sekitar 5200 SM.

4. Susa, Iran

Di masa kini, kota Susa disebut sebagai Shush. Kota yang masuk dalam wilayah Iran ini dimulai dari sebuah pemukiman kecil pada 7000 SM dan kemudian berkembang menjadi daerah perkotaan pada 4200 SM.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com